Perbedaan Social Media Manager dan Specialist

Freelancers
Perbedaan Social Media Manager dan Specialist

Perbedaan Social Media Manager dan Specialist

Perbedaan Social Media Manager
Image by storyset on Freepik

Perbedaan social media manager dengan social media specialist.

Media sosial telah menjadi sarana utama individu atau organisasi untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan masyarakat luas. Dalam bisnis, media sosial juga memainkan peran penting dalam membangun brand dan menjangkau calon konsumen.

Maka dari itu, banyak perusahaan yang mempekerjakan profesional khusus untuk mengelola aktivitas mereka di media sosial, seperti Social Media Manager (SMM) dan Social Media Specialist (SMS).

Di artikel ini, kita akan membahas mengenai dua profesi tersebut, serta perbedaan antara social media manager dengan social media specialist. Let’s check these out!

Apa itu Social Media Manager?

Social Media Manager adalah profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola strategi dan aktivitas bisnis di media sosial. Tugas utama profesi satu ini meliputi perencanaan dan eksekusi konten, mengatur interaksi dengan audiens, dan memantau performa akun media sosial. 

Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa konten yang diposting sesuai dengan identitas brand dan memenuhi standar kualitas.

Apa itu Social Media Specialist?

Social Media Specialist adalah profesional yang lebih berfokus pada optimasi dan analisis aktivitas media sosial. 

Tugas utamanya yaitu memantau dan menganalisis performa akun media sosial, mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan visibilitas brand, serta mengelola iklan di media sosial. 

Profesi satu ini juga bertanggung jawab untuk memantau tren terkini dan perkembangan di industri media sosial. So, mereka harus memastikan bahwa strategi brand tetap relevan dan up-to-date.

Baca Juga: 7 Tips Sukses SEM untuk Digital Marketers

Social Media Manager vs Social Media Specialist

Image by Freepik

Meskipun kedua profesi ini sama-sama berfokus pada media sosial, tapi ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya, loh!

1. Perbedaan Tanggung Jawab

Perbedaan pertama yaitu berhubungan dengan tanggung jawab. SMM memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan luas. Selain memastikan bahwa performa brand di media sosial sudah sesuai dan efektif, mereka juga harus memimpin tim, membuat strategi, serta mengelola budget.

Di sisi lain, tannggung jawab Social Media Specialist lebih terfokus pada eksekusi dan implementasi strategi media sosial.

2. Perbedaan Skill/Keterampilan

Dalam hal keterampilan, Social Media Manager tidak hanya harus memiliki kemampuan dalam media sosial namun juga kemampuan lain seperti manajemen dan pemasaran. Mereka juga haurs memiliki pemahaman luas tentang industri dan pasar.

Di sisi lain, kemampuan Social Media Specialist lebih berhubungan dengan hal-hal teknis, seperti copywriting, kemampuan analisis data, serta pemahaman tentang algoritma media sosial.

3. Perbedaan Hierarki/Posisi

Perbedaan terakhir adalah perbedaan posisi kedua profesi. Social Media Manager biasanya berada pada posisi lebih tinggi dalam organisasi, sementara Social Media Specialist bertanggung jawab langsung kepada SMM atau pemimpin departemen.

Meskipun memiliki perbedaan, namun kedua profesi ini merupakan kunci dalam aktivitas brand di media sosial. Keduanya harus bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis yang efektif melalui media sosial.

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID