4 Tips Ampuh agar Klien Repeat Order! 

Freelancers

4 Tips Ampuh agar Klien Repeat Order! 

Mempertahankan klien tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para freelancer. Jika klien merasa puas dengan kinerja kamu selama ini, biasanya klien akan terus memakai jasa kamu untuk proyek yang akan datang. 

Tapi sebenarnya gimana sih agar klien repeat order? Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membangun kedekatan dengan klien. Bagaimana kamu membuat klien merasa nyaman dengan kinerja dan hasil kerja kamu. Baca lebih lanjut terkait cara jitu membangun hubungan yang baik dengan klien.

Selanjutnya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan lebih lanjut agar klien repeat order! Menurut Aisyah Khoirunnisa, seorang Business Head di G-Communications, ada 4 cara agar klien repeat order. 

Yuk simak artikel ini sampai habis! Cus~

1. POSITIVE THINKING

Positive thinking, berpikir positif, husnudzon, terus apa lagi ya? Pokoknya wajib membangun pikiran yang baik-baik aja~

Waktu ngerjain project, baik leader maupun anggota tim, jangan berpikir kamu hanya akan mengerjakan satu project ini aja. Harus positive thinking bahwa akan ada pekerjaan lain yang sangat mungkin masuk lagi dari klien yang sama atau repeat order.

Klien akan berpikir tim yang sekarang sudah klop dan sudah paham dengan scope pekerjaan dan style klien, jadi hampir pasti maunya dengan tim yang sama.

2. DO YOUR BEST AND BETTER BE FAST

Waktu ngerjain jangan sampai berpikir: “yang penting selesai deh project ini, terus invoice cair. Soal bagus atau nggak nya biarin aja.”

BIG NO!

Optimalkan riset, ketelitian, kreativitas, dan manajemen waktumu supaya hasilnya keren tapi juga bisa cepat dikirimkan ke klien. Karena kalau keren tapi nyampenya telat, jadi sia-sia (plus kena amuk pula).

So, menjadi versi terbaik dirimu untuk klien adalah kunci mereka jadi mempercayakanmu dalam berbagai project.

3. BEYOND KPI

Sesekali, kalau klien menyampaikan butuh bantuan untuk hal-hal di luar KPI pekerjaan dan dirimu bisa bantu, bantulah. Tapi kalau itu di luar kemampuan, biaa bantu dari segi riset, cari kontak/referensi, dsb. Tapi sesekali aja sih ya, kalau keterusan itu namanya ngelunjak…

4. KLIEN JUGA MANUSIA

Kadang ada freelancer yang malas catch up sama klien soal urusan di luar kerjaan. Padahal, klien juga manusia yang kebanyakan suka diperhatikan dan mau ngobrolin hal-hal lain di luar kerjaan. Intinya, bikin klien nyaman dan nggak berat untuk membuka diri sama kita. Kita sendiri, kalau kerja sama orang yang membuat kita ngerasa nyaman dan klop, pasti enak kan?

Baca Juga: Mengatur Keuangan dengan Metode 50/30/20, Simak Caranya!

Itu dia 4 tips ampuh agar klien repeat order! Kalau kamu menerapakan tips di atas, dijamin deh klien nggak akan kemana-mana~

Atau kamu pengen klien yang nyamperin kamu? Yuk bisa langsung cus daftar jadi freelancer di website Rumah Freelancer!

Rizqa Munadiyah

Author Since: 27 June 2022

Leave Your Comment

id_ID