4 Website Translate Terbaik Freelancer Harus Tahu!

Freelancers
4 Website Translate Terbaik Freelancer Harus Tahu!

4 Website Translate Terbaik Freelancer Harus Tahu!

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang hampir selalu kita temukan sehari-hari. Misalnya, ketika ketika membuka media sosial atau website tentang topik-topik tertentu. Bagi freelancer yang mencari klien internasional, bahasa Inggris juga menjadi kunci agar komunikasi dengan klien lancar jaya.

Itulah sebabnya kemampuan dalam berbahasa Inggris sangat kita butuhkan saat ini. Namun, ada kalanya juga kita tidak dapat memahami teks tertentu dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, kita membutuhkan bantuan berupa website atau tool untuk translate. 

Dalam artikel ini, Rumah Freelancer akan membahas website apa saja yang dapat kamu gunakan untuk menerjemahkan atau translate berbagai teks bahasa Inggris dengan hasil yang baik. Yuk baca selengkapnya di bawah ini!

5 Website Translate Terbaik

1. Google Translate

Siapa sih yang tidak kenal Google Translate? Website translate satu ini sangat populer di berbagai kalangan dan sering dipandang sebagai situs untuk penerjemahan terbaik. Dengan Google Translate, kamu bisa dengan mudah melakukan penerjemahan pada:

  • Berbagai teks (dengan copy dan paste)
  • Situs web (dengan memasukkan link atau URL)
  • Dokumen (langsung bisa kamu unggah)

Selain itu, Google Translate juga memiliki aplikasi yang bisa kamu unduh di smartphone melalui PlayStore atau App Store. Jika kamu tidak memiliki koneksi internet, kamu juga bisa mengunduh terlebih dahulu bahasa target yang kamu inginkan.

Keunggulan lain dari Google Translate adalah pilihan bahasanya yang mencapai 133 bahasa. Bahkan, kamu bisa menemukan berbagai bahasa daerah di Indonesia seperti bahasa Jawa dan Sunda, loh!

2. TranslatePress

Jika kamu memiliki situs web pribadi dan ingin menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan TranslatePress. Plugin ini memungkinkan kamu untuk menerjemahkan konten situs web secara langsung dari halaman depan. Tampilan langsung dan real time juga memudahkan pengeditan dan penyesuaian terjemahan.

Tidak hanya itu, TranslatePress juga memiliki widget translate website gratis yang dapat kamu gunakan untuk menerjemahkan situs web apa pun di Internet. Kamu hanya perlu memasukkan URL.

3. Bing Translator

Bing Translator merupakan website translate yang mirip dengan Google Translate. Kamu bisa langsung memasukkan teks dan menerjemahkannya ke bahasa target pilihan kamu. Yang membedakan kedua web tersebut adalah Bing Translator didukung oleh Microsoft.

Tidak seperti Google Translate yang dapat menerjemahkan ke lebih dari 100 bahasa, kamu hanya dapat memilih sekitar 70+ bahasa saja. Meskipun begitu, website translate satu ini tetap menjadi salah satu tool penerjemahan yang populer.

Keakuratan dan kualitas terjemahan memang tergantung dari teks yang kamu berikan. Namun, kamu bisa menggunakan Bing Translator dan Google Translate secara bersamaan untuk tahu hasil translate mana yang lebih cocok untuk kamu!

4. ImTranslator

Meskipun bukan berbentuk website, namun tool translator satu ini bisa kamu akses dengan mudah. ImTranslator merupakan ekstensi browser (browser extension) yang mendukung sebagian besar browser populer sehingga memungkinkan kamu menerjemahkan situs web apa pun yang kamu lihat dengan mudah.

Saat ini, ImTranslator menawarkan ekstensi browser untuk beberapa browser berikut:

  • Google Chrome
  • Firefox
  • Opera
  • Yandex

Tidak hanya itu, tool satu ini juga ternyata menawarkan ekstensi perbandingan terjemahan sehingga kamu bisa membandingan hasil terjemahan dari berbagai layanan. Nah, ImTranslator sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan terjemahan yang paling akurat.

Kekurangan Menggunakan Website Translate

Menggunakan berbagai website untuk translate memang menawarkan berbagai keuntungan, seperti kemudahan akses dan efisiensi. Kamu hanya membutuhkan koneksi internet untuk mendapatkan hasil terjemahan di mana saja dan kapan saja.

Tak hanya itu, berbagai pilihan bahasa yang ditawarkan juga memberikan fleksibilitas dalam menemukan terjemahan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Namun, kamu perlu memahami beberapa kekurangan yang bisa kamu jumpai ketika menggunakan web khusus translate, yaitu:

Kualitas yang Terbatas

Meskipun ada kemajuan dalam teknologi translate otomatis, terjemahan yang dihasilkan oleh website masih memiliki keterbatasan dalam hal keakuratan dan kualitas. Mesin penerjemahan tidak selalu mampu menangkap konteks atau nuansa yang tepat dalam teks asli. Hasilnya, terjemahan pun sering kali terasa kaku, kurang alami, atau bahkan salah.

Hilangnya Konteks dan Suasana

Website translate juga cenderung mengalami kesulitan dalam menangkap nuansa bahasa, makna ganda, atau konteks dalam kalimat. Teks yang memiliki makna bergantung pada konteks atau kata-kata yang memiliki arti ganda dapat sulit untuk diterjemahkan dengan akurat menggunakan website. Hasilnya bisa jauh dari maksud yang sebenarnya dalam teks asli.

Ketidakmampuan Menangani Bahasa yang Rumit

Beberapa bahasa memiliki aturan bahasa (grammar) yang rumit atau tidak lazim bagi orang lain, sehingga sulit bagi web untuk menghasilkan terjemahan yang benar. Apalagi jika kamu ingin menerjemahkan bahasa gaul atau sehari-hari. Dalam kasus seperti ini, menggunakan jasa penerjemah manusia yang berpengalaman adalah pilihan yang lebih baik.

Masalah Privasi

Last but not least, kamu juga harus berhati-hati ketika menggunakan website untuk translate di mana kamu mengunggah teks ke server pihak ketiga. Apalagi jika teks tersebut berisi informasi pribadi, rahasia, atau sensitif. Ada risiko kebocoran data atau pelanggaran privasi. Penting untuk mempertimbangkan hal ini dan pilihlah website yang terpercaya, ya!

Baca Juga: 8 Film Motivasi Terbaik Freelancer Wajib Tonton!

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID