5 Alasan Perusahaan Mencari Freelancer

Freelancers

5 Alasan Perusahaan Mencari Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas telah menjadi pekerjaan yang hits di beberapa tahun terakhir ini. Seperti yang dilansir oleh upwork.com, jutaan bisnis atau perusahaan di seluruh dunia telah beralih dari sistem tradisional dan mulai mempekerjakan freelancers. 

Nah, freelancers yang terampil akan membantu perusahaan untuk memecahkan masalah yang kompleks, menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, dan menyelesaikan proyek lebih cepat.

So, apa saja ya alasan perusahaan mencari freelancers?

1. Hemat Biaya

Alasan pertama perusahaan mencari freelancers adalah karena biaya yang dikeluarkan lebih murah ketimbang meng-hire karyawan full-time. Dengan karyawan full-time, perusahaan tidak hanya harus membayar gaji tetapi juga tunjangan kesehatan, cuti berbayar, pajak, dan lain-lain.

Sebaliknya, perusahaan tidak perlu membayar begitu banyak tunjangan kalau mereka meng-hire freelancers karena mereka tidak perlu datang ke kantor setiap hari. Selain itu, mereka juga bisa bekerja dari mana saja.

2. Kualitas Pekerjaan yang Tinggi

Nah, alasan selanjutnya mengapa perusahaan mencari freelancer adalah karena mereka dapat menghasilkan pekerjaan yang berkualitas tinggi. Hal tersebut karena freelancers punya banyak pengalaman dan biasanya telah bekerja dengan klien lain. Mereka juga biasanya telah memiliki banyak sertifikasi dari pelatihan-pelatihan tertentu.

3. Freelancer Tidak Butuh Komitmen Jangka Panjang

Berbeda dengan karyawan full-time, perusahaan bisa mempekerjakan freelancer untuk jangka waktu yang pendek. Ketika proyek selesai, maka tanggung jawab perusahaan juga sudah selesai. Tidak hanya itu, freelancers juga biasanya punya jadwal yang fleksibel dan terkadang, ada beberapa dari mereka yang terlatih untuk mengerjakan pekerjaan dalam waktu singkat. 

Baca Juga: 7 Pekerjaan Freelance Paling Populer 2022

4. Kemudahan Mencari Freelancer

Alasan selanjutnya yaitu karena sekarang sangat mudah untuk mencari freelancer. Perusahaan bisa mencari mereka melalui berbagai website atau platform, nah salah satunya seperti Rumah Freelancer ini!

5. Mendapatkan Perspektif Baru

Alasan terakhir mengapa perusahaan mencari freelancers adalah karena mereka bisa menawarkan perspektif baru. Sebagai orang luar atau outsider, mereka bisa melihat solusi lewat perspektif yang berbeda yang sebelumnya tidak dapat dilihat oleh perusahaan.

Nurul Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID