5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Freelancers

Freelancers

5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Freelancers

Photo by Sandy Millar on Unsplash

Mengatur keuangan adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap freelancer. Seperti yang kita tahu, salah satu risiko yang harus dihadapi oleh freelancer adalah penghasilan yang tidak menentu setiap bulannya. Tanpa kemampuan mengatur keuangan yang baik, freelancer bisa saja mengalami ketidakstabilan finansial.

Menurut bisnis.com, salah satu kunci utama dalam mengatur keuangan adalah mencatat setiap uang yang masuk dan keluar. Dan di zaman yang serba canggih ini, kita bisa langsung mencatat keuangan di HP lewat berbagai aplikasi.

Nah, berikut adalah lima aplikasi pengatur keuangan terbaik menurut Rumah Freelancer!

1. Apliksi Keuangan Monefy

Monefy adalah aplikasi pengatur keuangan yang sudah rilis sejak tahun 2014. Aplikasi satu ini memiliki tampilan yang simpel sehingga mudah untuk digunakan. Kamu bisa memasukan pencatatan keuangan sebanyak mungkin tanpa ada batasan. Selain itu, kamu juga bisa membuat beberapa akun yang berbeda sesuai dengan kebutuhanmu.

Meskipun aplikasi ini gratis, tapi kamu juga bisa upgrade ke premium untuk menikmati fitur Money Manager dan Dropbox.

2. Aplikasi Keuangan Finansialku

Aplikasi pengatur keuangan selanjutnya adalah Finansialku. Nah, Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang sudah diawasi oleh OJK. Aplikasi berbasis website ini punya berbagai fitur.

Dengan fitur-fitur Finansialku, kamu bisa mencatat keuangan, membuat anggaran, memantau investasi, dan lain-lain. Tidak hanya itu, Finansialku juga punya fitur live chat dengan Certified Financial Planner (CFP). 

3. Wallet

Aplikasi terbaik selanjutnya adalah Wallet. Sebelum menggunakan aplikasi ini, kamu harus Log In dengan emai atau akun Google-mu. Di aplikasi ini, kamu bisa menentukan goal yang ingin dicapai, misalnya target untuk liburan atau menikah. Selain itu, kamu juga bisa mengimpor data transakasi atau rekening dari file CSV atau Excel.

4. Aplikasi Keuangan Andro Money

Andro Money adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan. Dengan aplikasi satu ini, kamu bisa membuat catatan yang rinci. Dari segi penampilan, Andro Money ini termasuk aplikasi yang simpel dan mudah dipahami.

Nah, di sini, kamu juga bisa membuat budgeting agar keuangan kamu lebih terencana.

5. Money Lover

Aplikasi terbaik terakhir adalah Money Lover yang memiliki fitur unggulan berupa catatan utang-piutang dan tagihan yang akan datang dalam waktu dekat. Nah, aplikasi ini cocok buat kamu yang suka lupa untuk membayar tagihan. Selain itu, Money Lover juga punya mode perjalanan untuk kamu yang akan berlibur.

Nurul Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID