5 Buku Motivasi Terbaik untuk Freelancer

Freelancers
5 Buku Motivasi Terbaik untuk Freelancer

5 Buku Motivasi Terbaik untuk Freelancer

Sebagai freelancer, pernahkah kamu merasa bosan dan tidak bersemangat dalam bekerja? Tak dapat dipungkiri bahwa perasaan seperti ini pasti pernah kita rasakan saat menjalankan pekerjaan.

Ada beberapa alasan mengapa terkadang kita merasa tidak bersemangat dan jenuh, seperti kurangnya motivasi diri, tuntutan pekerjaan yang terlalu tinggi, bahkan lingkungan pekerjaan dan klien yang tidak sesuai.

Jika rasa tidak bersemangat terus kita biarkan, maka hal ini akan memberikan pengaruh terhadap produktivitas dan performa kerja kita. Nah, salah satu cara yang dapat membantu mengembalikan semangat kita untuk bekerja dan mengembangkan kualitas diri adalah dengan membaca buku motivasi.

Manfaat Membaca Buku Motivasi

Sebagai freelancer, membaca buku-buku motivasi dapat memberikan berbagai macam manfaat yang membantu kita sukses dalam berkarir. Nah, berikut adalah beberapa manfaat utama membaca buku motivasi:

Mendapatkan Inspirasi

Buku motivasi dapat memberi kita inspirasi dan ide baru untuk berpikir kreatif, strategis, sekaligus memberikan perspektif baru. Tipe buku seperti ini juga sering menawarkan cerita dan contoh orang sukses akan semakin membuat kita termotivasi.

Membantu Menentukan Tujuan

Work Goals
Image by Waewkidja on Freepik

Ketika kita termotivasi setelah membaca buku yang inspiratif, maka kita akan terdorong untuk menentukan tujuan-tujuan penting dalam hidup. Sebagai freelancer, menentukan tujuan itu sangat penting agar dapat tetap ‘on track’.

Meningkatkan Produktivitas

Membaca buku motivasi juga dapat membantu meningkatkan produktivitas dengan memberikan tips dan strategi untuk tetap fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Misalnya, kita bisa belajar tentang teknik manajemen waktu, cara memprioritaskan tugas, dan cara agar tidak menunda pekerjaan.

Meningkatkan Optimisme

Buku Motivasi
Image by storyset on Freepik

Membaca buku yang inspiratif juga tentunya membantu mengembangkan pola pikir positif dan mengatasi rasa pesimisyang menghambat kita. Dengan sikap yang lebih postif dan optimis, kita akan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan rasa percaya diri yang kuat.

Mendorong “Personal Growth”

Membaca buku motivasi dapat memberikan rasa terhubung dan memiliki, serta membantu kita tumbuh secara pribadi (personal) maupun profesional. Dengan belajar dari pengalaman dan wawasan orang lain, kita mampu mengembangkan keterampilan dan perspektif baru yang bermanfaat bagi pekerjaan dan kehidupan.

5 Buku Motivasi Terbaik untuk Freelancer

Buku Motivasi
Image by Freepik

Berikut ini ada beberapa rekomendasi buku motivasi terbaik yang sangat cocok untuk freelancer:

1. “The 7 Habits of Highly Effective People” oleh Stephen R Covey

Ditulis oleh profesor ternama di Universitas Utah, Stephen R Covey, buku terbitan tahun 1989 ini menjadi salah satu buku motivasi terbaik hingga saat ini. Dengan bahasa yang lugas, pembaca dapat memahami ilmu dalam buku ini dengan baik.

Covey berhasil membuka pandangan baru dan bahkan dapat ikut mengubah kehidupan orang-orang yang menerapkan kebiasaan berdasarkan teori milik Covey ini. Maka dari itu, tidak heran jika buku ini berhasil mendapatkan banyak penghargaan dan masih laris hingga saat ini meskipun umurnya sudah lebih dari satu dekade.

Buku ini sangat cocok untuk para freelancers yang ingin meningkatkan produktivitas dan mengubah kebiasaan-kebiasaan lama yang buruk!

2. “Mimpi Sejuta Dolar” oleh Alberthiene Endah

Pasti dari kita sudah banyak yang pernah mendengar nama Merry Riana. Buku “Mimpi Sejuta Dolar” yang ditulis oleh Alberthiene Endah ini menceritakan kisah hidup pengusaha sukses Merry Riana. Buku motivasi ini berisi pengalaman perjuangan Merry beserta hikmah yang sangat inspiratif dan bisa diterapkan untuk mencapai sukses dalam kehidupan.

3. “The 4-Hour Work Week” oleh Tim Ferris

Dalam buku ini, penulis Tim Ferris memberi para pembaca wawasan yang kuat tentang bagaimana kita bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan bekerja lebih sedikit. Buku ini masuk ke beberapa topik yang sering orang-orang abaikan seperti skalabilitas, outsourcing, otomatisasi tugas, dan masih banyak lagi.

Tim Ferris juga menawarkan beberapa tips praktis, studi kasus dari pembaca yang telah menerapkan tekniknya, serta berbagai trik bermanfaat lainnya. Buat freelancers yang tertarik mencari cara untuk menjadi lebih produktif namun tetap merasa santai, buku ini sangat cocok jadi pilihan deh!

4. “Atomic Habit” oleh James Clear

Buku motivasi bergenre self-improvement ini sangat cocok untuk para freelancers yang sedang mencari strategi untuk menjadi pribadi yang lebih baik, serta mengelola kebiasaan positif. Buku ini sangat detail dan memberikan pemaparan yang mudah untuk dimengerti.

Setiap bab dalam buku ini diakhiri dengan rangkuman yang akan memudahkan pembaca untuk kembali mengingat poin-point penting yang ada dalam setiap bab. James Clear mengangkat konsep dan contoh dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembaca juga dapat relate dengan isi buku.

5. “The Freelancer’s Bible” oleh Sara Horowitz dan Toni S Poynter

Bagi kamu yang baru terjun ke dalam dunia freelance dan masih bingung dalam menentukan karir, klien yang ingin didapatkan, dan lain sebagainya, maka buku “The Freelancer’s Bible” ini sangat cocok untukmu!

Ada berbagai materi menarik yang bisa membuatmu tetap termotivasi sebagai freelancer, seperti bagaimana cara bekerja, cara mengembangkan dan mengelola bisnis, serta materi tentang membangun komunitas sebagai freelancer.

Baca Juga: 6 Ide Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID