5 Kebiasaan Buruk Freelancer yang Harus Kamu Hindari

Freelancers

5 Kebiasaan Buruk Freelancer yang Harus Kamu Hindari

Photo by Windows on Unsplash

Seperti yang kita tahu, salah satu keuntungan bekerja sebagai freelancer adalah fleksibilitas dan kebebasan dalam memilih pekerjaan. Tidak hanya itu, freelancers juga bisa bekerja di mana saja dan kapan saja selama semua pekerjaan dapat selesai tepat waktu.

Well, meskipun begitu, ternyata ada beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan oleh freelancers, loh. Nah, sebagai freelancers, kalian harus hindari kebiasaan-kebiasaan buruk di bawah ini! Let’s check these out!

1. Kebiasaan Buruk Menunda Pekerjaan

Kebiasaan buruk freelancer pertama adalah sering menunda pekerjaan. Fleksibilitas memang membuat kita lebih luang dan tenang dalam menyelesaikan pekerjaan, tapi kadang bisa membuat terlena juga, loh. So, pastikan lakukan pekerjaan terlebih dahulu dan jangan menunda-nunda!

Kecuali ada emergency ya, guys!

2. Punya Jadwal Tidur yang Berantakan

Kebiasaan buruk freelancer selanjutnya adalah punya jadwal tidur yang berantakan. Yes, revisi bisa datang kapan saja dan kadang harus diselesaikan saat itu juga. Para pejuang freelance pasti sudah familiar sekali deh dengan begadang. Tapi oh tapi, jangan jadikan begadang itu kebiasaan kecuali mendesak ya, guys! Melansir dari allthingshealth.com, durasi tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah tujuh hingga sembilan jam. 

Kalau kamu sudah terlanjur begadang, kamu bisa tidur siang dengan durasi singkat di siang hari. Hindari keinginan untuk tidur siang yang lama agar jadwal tidurmu tetap teratur ya guys!

Baca Juga: 6 Tips Sukses Multitasking untuk Freelancer

3. Terlalu Sering Stay Indoor

Terlalu sering berada di rumah ternyata bisa menjadi kebiasaan buruk freelancer, loh. Berada di tempat yang sama untuk waktu yang lama kadang bisa membuat bosan dan sumpek. Kamu bisa coba “work from cafe” atau pergi ke perpustakaan.

Selain bosan, berada di rumah terus-menerus bisa membuatmu kurang bersosialiasasi. So, sering-sering keluar rumah ya biar kamu gak kesepian!

4. Kebiasaan Buruk Terlalu Lama di Depan Layar

Kebiasaan buruk freelancer selanjutnya adalah terlalu lama berada di depan layar komputer atau laptop. Khususnya para freelancer yang bekerja sebagai graphic designer atau videographer, nih. Berada di depan layar selama berjam-jam dapat membuat mata lelah dan bahkan, bisa memperburuk kondisi mata yang sudah ada.

So, pastikan kalian istirahatkan mata selama beberapa saat ya. Kalau mata terlalu lelah, kamu bisa mengompresnya dengan air hangat agar mata lebih rileks.

5. Banyak Pekerjaan di Satu Waktu

Kebiasaan buruk freelancer terakhir adalah mengambil terlalu banyak pekerjaan atau project di waktu yang bersamaan. Multitasking memang sangat lumrah bagi freelancer, tapi jangan sampai membuat kamu kewalahan ya!

Jika kamu butuh tambahan pekerjaan, kamu bisa mengambil pekerjaan yang mirip dengan pekerjaan lain yang sedang kamu kerjakan karena kamu sudah familiar. Kalau pekerjaannya jauh berbeda, maka kamu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya.

Nurul Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID