Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Menulis Artikel SEO

Freelancers
Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Menulis Artikel SEO

Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Menulis Artikel SEO

Kesalahan Menulis Artikel SEO
Image by storyset on Freepik

Menulis artikel SEO adalah salah satu upaya untuk meningkatkan peringkat websitenya di mesin pencarian. Dalam digital marketing, SEO berperan besar dalam mendongkrar pengunjung situs/website. Kesalahan menulis artikel SEO biasa dialami oleh para content writer di awal.

Meskipun begitu, banyak penulis atau content writer yang belum memahami bagaimana cara menulis artikel SEO yang baik dan efektif.

Apa itu Artikel SEO?

Kesalahan Menulis Artikel SEO
Image by storyset on Freepik

Sebelum membahas hal-hal apa saja yang harus penulis hindari, kita akan membahas terlebih tentang apa itu artikel SEO.

SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian proses optimasi situs web agar muncul di mesin pencarian bahkan menjadi top of mind pencarian. Menurut Daily SEO, bahwa artikel SEO merupakan konten berbentuk tulisan dengan tujuan mendatangkan traffic.

Perlu juga dipahami bahwa artikel jenis ini memang tidak berfokus pada peningkatan penjualan. Para penulisnya lebih fokus untuk membangun branding dan engagement para pengunjungnya.

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menulis Artikel SEO

Menulis artikel SEO memang dapat dikatakan cukup tricky. Maka dari itu, kita harus menghindari berbagai kesalahan umum agar artikel yang kita tulis dapat menjadi efektif. Apa saja ya kesalahan-kesalahan tersebut?

1. Judul Artikel Kurang Menarik

Kesalahan pertama adalah menulis judul yang kurang menarik. Judul merupakan hal pertama yang dilihat sebelum membaca artikel. Bagaimana pembaca ingin membaca artikel yang kamu buat jika judul artikel tersebut tidak menarik?

Maka dari itu, judul artikel yang buruk akan memberikan dampak buruk juga terhadap isi artikel. Buatlah judul yang menarik perhatian pembaca. Selain menarik, judul juga harus singkat, padat, dan jelas. Perhatikan juga apakah judul yang kamu tulis sudah memasukkan kata kunci atau belum.

Baca Juga: Mengenal Profesi Creative Writer dan Jenis Tulisannya

2. Kata Kunci yang Berlebihan

Memasukkan kata kunci dalam artikel memang suatu keharusan, namun jangan sampai terlalu berlebihan sehingga kamu melakukan keyword stuffing.

Menggunakan kata kunci secara berlebihan malah membuat tulisan tidak optimal. Selain itu, hal tersebut juga akan membuat tulisan susah untuk dipahami pembaca.

So, gunakan kata kunci secara bijak dan jangan over-optimize!

3. Related Link Tidak Ditemukan

Internal link dan external link merupakan dua komponen yang harus ada dalam artikel SEO. Internal link akan mengarahkan pembaca ke halaman di dalam website yang sama, sedangkan external link mengarahkan mereka pada website lain.

Ketika memasukkan kedua jenis link tersebut, kamu harus memastikan bahwa link tersebut dapat dijalankan dan ditemukan. Jika kamu memasukkan link yang rusak (broken link), maka akan berdampak tidak baik terhadap SEO.

4. Terlalu Banyak Kesalahan Bahasa

Dalam menulis, kita tidak hanya harus memerhatikan struktur penulisan atau elemen-elemen SEO-nya saja, namun juga harus memerhatikan tata bahasa tulisan.

Siapa dari kita yang ingin membaca tulisan yang tidak rapi dan bahkan memiliki banyak typo? Maka dari itu, hindari kesalahan penulisan dan pastikan kamu telah memakai tata bahasa atau grammar yang baik.

Jika kamu merasa tidak yakin dengan penulisan suatu kata, kamu bisa mengecek kamus atau sumber online lainnya. Selain itu, lakukan juga pengecekan kembali sebelum kamu mempublikasikan tulisan.

5. Tidak Memerhatikan Meta Description

Kesalahan terakhir adalah tidak mengisi meta description, padahal hal satu ini adalah faktor penentu mudah atau sulitnya artikel SEO ditemukan di mesin pencarian. Untuk itu, pastikan kamu mengisi meta description dengan baik. Jangan lupa untuk mencantumkan kata kunci artikel pada meta description ya!

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID