5 Tool AI Terbaik untuk Konten Media Sosial

Freelancers
5 Tool AI Terbaik untuk Konten Media Sosial

5 Tool AI Terbaik untuk Konten Media Sosial

AI Media Sosial
Image by callmetak on Freepik

Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan dalam bahasa Indonesia merupakan teknologi yang dirancang untuk membuat mesin yang memproses informasi dan memperoleh pengetahuan seperti halnya manusia.

Cara kerja AI bervariasi tergantung pada jenis AI yang kita gunakan. Secara umum, AI bekerja dengan mengumpulkan data dari lingkungan sekitarnya dan memproses data tersebut menggunakan algoritma yang sudah ditentukan untuk menghasilkan informasi yang berguna. Nah, setelah mendapatkan informasi yang cukup, AI dapat membuat keputusan atau memberikan prediksi.

Kita sudah menggunakan AI dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam ranah media sosial. AI membantu berbagai platform media sosial menentukan jenis konten apa yang pengguna atau menawarkan iklan digital sesuai dengan minat dan hasil pencarian pengguna. Tidak hanya itu, AI juga digunakan oleh para pengguna media sosial untuk membuat dan merencanakan konten.

Dalam artikel ini, Rumah Freelancer sudah merangkum berbagai tool AI yang kamu bisa gunakan untuk membantumu membuat berbagai konten media sosial, baik sebagai konten personal atau konten marketing. Let’s check these out, guys!

1. ChatGPT

Siapa sih yang tak kenal dengan ChatGPT? Chatbot AI yang dikembangkan oleh OpenAI ini diluncurkan pada November 2022 dan telah menjadi salah satu tool AI yang paling sering digunakan. Pada dasarnya, tool satu ini terlatih untuk mengikuti instruksi dengan cepat dan mampu memberikan instruksi secara detail.

Nah, kamu bisa menggunakan AI satu ini untuk berbagai kebutuhan konten media sosialmu seperti:

  • Mencari atau mendiskusikan ide konten baru
  • Mencari informasi terkait target audiens tertentu
  • Mendapatkan insights terkait tren populer di media sosial

Agar mendapatkan jawaban terbaik, jangan lupa untuk memberikan prompt yang tepat. Misalnya, kamu ingin mencari ide untuk content marketing di media sosial, maka kamu bisa memberikan ChatGPT informasi terlebih dahulu seperti audiens seperti apa yang kamu tuju atau elemen spesifik apa yang ingin kamu masukkan dalam konten tersebut.

2. Flick

Flick merupakan tool yang bisaa membantumu membuat konten media sosial lebih cepat. Bagi para digital marketers, tool AI satu ini bisa mempercepat proses perencanaan atau penulisan konten untuk media sosial. Ide konten yang dihasilkan tentunya orisinal dan menarik, serta dapat disesuaikan berdasarkan topik yang dipilih.

Nah, berbagai fitur yang Flick tawarkan tersedia dalam ‘Content Planner’, yaitu ruang khusus yang menyimpan ide-idemu sehingga lebih tersusun dengan baik dan kohesif.

3. Copy.ai

AI Media Sosial
Image by Freepik

Mirip dengan Flick, Copy.ai merupakan tool AI yang sangat cocok untuk social media marketing. Copy.ai tersedia dalam lebih dari 25 bahasa. Kamu pun dapat memilih gaya dan nada penulisan yang berbeda untuk setiap target audiens.

Tool AI satu ini memiliki fitur yang khusus untuk konten media sosial, seperti:

  • Hashtag Generator: Mencari hashtag yang tepat untuk memperluas jangkauan
  • Hook Generator: Untuk menentukan hook yang paling menarik
  • Instagram Captions: Membuat captions Instagram agar menarik perhatian
  • TikTok Brainstorm Topics: Mencari ide TikTok yang unik agar viral
  • YouTube Video Title: Untuk membuat judul video yang paling sesuai dan menarik

4. Lately

Lately merupakan tool AI yang memungkinkan kita mengubah konten bentuk panjang menjadi postingan media sosial. Tool AI satu ini juga menawarkan berbagai tool yang dapat kita gunakan untuk berbagai tugas seperti membuat jadwal konten dan social media management. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan Lately untuk menganalisis berbagai metrik di media sosial sehingga bisa membantumu menentukan waktu posting terbaik untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Berikut adalah beberapa fitur utama Lately:

  • Dasbor tools media sosial
  • Hasilkan banyak tweets sekaligus yang saling berkaitan
  • Membuat jadwal posting media sosial
  • Analisis metrik di seluruh channel media sosial

5. Quillbot

Tool AI untuk media sosial satu ini memungkinkanmu meringkas dan memparafrasekan konten yang ada ke dalam versi baru. Quillbot merupakan salah stau tool penulisan terbaik dan kamu bisa menggunakannya di browser web atau editor teks lain seperti Microsoft Word dan Google docs. 

Saat menulis ulang konten, QuillBot akan mengidentifikasi informasi yang paling penting sambil tetap mempertahankan konteks konten. Berikut adalah beberapa fitur utama Quillbot:

  1. Memparafrasekan konten untuk media sosial
  2. Mempertahankan konteks asli konten saat menulis ulang
  3. Membantu meningkatkan kosakata yang sesuai

Baca Juga: Mau Jadi Videografer? Pastikan Punya 6 Skill Ini!

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID