5 Tools Google Gratis untuk Digital Marketing

Freelancers
5 Tools Google Gratis untuk Digital Marketing

5 Tools Google Gratis untuk Digital Marketing

Keberadaan website dan media sosial sangatlah penting bagi bisnis dan perusahaan. Namun, membuat keduanya saja tidak cukup untuk menjamin kesuksesan dalam berbisnis. Maka dari itu, perlu digital marketing untuk meningkatkan keberhasilan daya saing dalam pasar yang semakin kompetitif. Salah satu hal yang dapat para digital marketer manfaatkan adalah banyaknya tools google gratis.

Sebagai salah satu perusahaan tekologi terbesar di dunia, Google menawarkan berbagai tools digital marketing gratis yang dapat membantu strategi pemasaran bisnis dan perusahaan.

Nah, Rumah Freelancer sudah merangkum beberapa tools yang disediakan secara gratis oleh Google untuk membantu kita meningkatkan kinerja digital marketing. Let’s check these out!

1. Google Analytics

Tools Google Analytics
Image by our-team on Freepik

Google Analytics adalah tool analisis web gratis yang memungkinkan pengguna untuk memantau traffic web mereka. 

Dengan menggunakan Google Analytics, pengguna dapat memperoleh wawasan yang lebih baik tentang pengunjung situs web mereka, seperti jumlah pengunjung, lama waktu mereka tinggal di situs web, dan perilaku pengunjung lainnya. 

Hal tersebut tentu dapat membantu pengguna untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan sehingga membantu dalam pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif.

2. Google Search Console

Tools gratis selanjutnya adalah Google Search Console yang bisa membantu pengguna untuk memahami bagaimana Google melihat situs web mereka dan memperbaiki masalah teknis yang mungkin terjadi pada situs web mereka.

Nah, tool ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat bagaimana situs web mereka muncul dalam hasil pencarian Google, jumlah situs web yang tampil, dan berapa banyak pengunjung yang mengklik tautan ke situs web mereka.

Baca Juga: Perbedaan Social Media Manager dan Specialist

3. Google My Business

Google My Business adalah tool yang membantu bisnis untuk memperbarui dan mengelola informasi bisnis mereka yang muncul di halaman pencarian, seperti lokasi, jam buka, nomor telepon, dan banyak lagi. 

Dengan tool ini, pemilik bisnis dapat memastikan bahwa informasi mereka akurat, terbaru, dan dapat membantu meningkatkan kemunculan mereka dalam hasil pencarian lokal.

4. Google Ads

Google Ads adalah tool iklan online yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan iklan mereka di hasil pencarian Google dan di situs web lain yang bermitra dengan Google. 

Pengguna dapat menargetkan iklan mereka berdasarkan lokasi, kata kunci, dan lain-lain. Tool ini juga menyediakan informasi analitik tentang kinerja iklan, termasuk berapa jumlah iklan yang dilihat, jumlah iklan yang diklik, dan biaya per klik.

5. Google Trends

Tools Google
Image by Freepik

Tools Google gratis terakhir adalah Google Trends. Tool satu ini menyediakan data dan grafik mengenai popularitas di halaman pencarian Google. Tidak hanya menunjukkan apa yang sedang hangat dibicarakan, Google Trends juga dapat digunakan untuk meriset keyword.

Pengguna bisa mencari informasi apa saja yang dibutuhkan lewat tool ini. Hal ini pastinya memudahkan pengguna dalam mengembangkan website.

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID