6 Aplikasi Terbaik yang Freelancer Harus Punya!

Freelancers
6 Aplikasi Terbaik yang Freelancer Harus Punya!

6 Aplikasi Terbaik yang Freelancer Harus Punya!

Perkembangan teknologi yang kian pesat semakin memudahkan manusia melakukan kegiatan sehari-hari, salah satu contohnya adalah dengan hadirnya berbagai aplikasi yang bisa kita unduh di smartphone. Jika kita lapar, kita bisa dengan mudah memesan makanan lewat aplikasi. Begitu juga ketika kita ingin berpergian atau melakukan pekerjaan. 

Bagi para freelancer yang bekerja secara fleksibel, menyelesaikan pekerjaan bisa menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika ada banyak gangguan atau pekerjaan dalam waktu bersamaan.

Di artikel ini, Rumah Freelancer sudah merangkum enam aplikasi terbaik yang freelancer wajib tahu dan punya. Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu freelancer meningkatkan performa, produktivitas, dan bahkan membantu dalam mencari inspiradi dan mengatur keuangan.

Apa saja ya keenam aplikasi tersebut?

1. Any.do

Aplikasi Freelancer
Image by Freepik

Aplikasi pertama yang freelancer harus punya adalah Any.do. Sesuai namanya, aplikasi satu ini memungkinkan kita untuk membuat daftar kegiatan dan mengatur pengingat untuk setiap item pekerjaan kita.

Tidak hanya itu, kita juga bisa melakukan customization, sinkronisasi antar perangkat, serta mengatur reminder berdasarkan waktu dan lokasi. Tampilan aplikasi ini cukup simpel sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakannya.

Wah, freelancer yang punya banyak project atau suka lupa dengan deadline pasti akan sangat terbantu dengan aplikasi satu ini!

2. Evernote

Aplikasi yang freelancer harus punya selanjutnya adalah Evernote. Pada dasarnya, aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mencatat hal-hal penting secara digital melalui smartphone, tablet, dan bahkan PC atau laptop.

Selain untuk membuat catatan, Evernote ini bisa membantu pengguna untuk:

  • Membuat to-do-list
  • Membuat voice note
  • Menyimpan berbagai macam lampiran dalam bentuk PDF dan sebagainya
  • Membuat tabel yang bisa dimodifikasi dengan mudah
  • Menyimpan web kliping

Dengan begitu banyak fitur yang ada, tidak mengherankan kalau Evernote dianggap sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk meningkatkan produktivitas. Freelancer juga tidak perlu takut kehilangan catatan karena terdapat juga fitur trash yang bisa mengembalikan data yang sudah hilang atau tidak sengaja terhapus.

3. Notion

Aplikasi lain yang bisa membantu meningkatkan produktivitas freelancer adalah Notion. Sama populernya dengan Evernote, aplikasi satu ini dapat membantu pengguna yang ingin membuat notes dengan tampilan sederhana dan dapat di-custom sesuai keinginan masing-masing.

Yang menarik dari Notion adalah aplikasi ini bertujuan untuk melakukan kolaborasi. Pengguna bisa menggunakan Notion untuk melakukan pekerjaan bersama-sama atau membuat to-do-list yang bisa dibagikan dengan pengguna lain. 

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengintegrasikan aplikasi ini dengan email atau google calendar.

4. Forest

Sebagi freelancer, kita pasti pernah merasakan sulit untuk fokus pada satu pekerjaan, apalagi jika ada banyak gangguan di sekitar lingkungan pekerjaan kita. Nah, Forest adalah aplikasi yang harus freelancer punya untuk membantu tetap fokus dalam bekerja loh!

Di aplikasi satu ini, pengguna diberikan lahan virtual kosong yang nantinya bisa ditanami oleh tanaman. Pertama-tama, pengguna bisa memilih durasi waktu untuk fokus antara 10 sampai 120 menit.

Setelah mengatur waktu, pengguna bisa memilih pohon virtual mana yang diinginkan dan menekan tombol ‘plant’. Pohon virtual yang sudah ditanam pun akan terus tumbuh selama pengguna tidak menggunakan smarphone. Nah, aplikasi ini sangat memotivasi pengguna untuk tetap fokus hingga pekerjaan selesai.

Bagi kalian yang sudah terbiasa menggunakan teknik podomoro saat bekerja tentunya juga akan semakin terbantu dengan aplikasi ini!

5. Pinterest

Freelancer yang bekerja di bidang desain atau seni pasti harus selalu mencari ide dan inspirasi baru. Pinterest merupakan salah satu platform populer untuk mengoleksi foto dan kreasi visual lain seperti GIF atau video.

Freelancer bisa menemkukan segala jenis inspirasi desain bahkan dekorasi rumah, resep, gaya, dan ide lainnya juga! Tidak hanya mengumpulkan ide dan foto orang lain, pengguna juga bisa mengunggah foto sendiri di Pinterest. Konsepnya memang mirip dengan bookmark di browser, namun lebih menonjolkan sisi visual

Saat ini Pinterest dapat digunakan melalui aplikasi di smartphone atau diakses melalui website. Nah sudah saatnya freelancer bilang say no more untuk pusing mau buat konten visual apa lagi!

6. Monefy

Aplikasi terbaik yang freelancer harus punya terakhir adalah aplikasi untuk membantu mengatur keuangan. Monefy adalah aplikasi yang memudahkan pengelolaan keuangan dengan memonitor pengeluaran. Pengguna bisa buat atau ubah catatan, menambahkan kategori baru, serta mensinkronkan catatan dengan aman menggunakan Google Drive atau Dropbox.

Seperti yang kita tahu, penghasilan yang tidak menentu setiap bulannya merupakan risiko yang harus freelancer hadapi. Namun, dengan aplikasi pengatur keuangan seperti Monefy, freelancer bisa mengawasi alur pemasukan dan pengeluaran uang dengan cermat dan baik.

Baca Juga: Yuk Mengenal Profesi Media Buyer!

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID