6 Cara Agar Feed Instagram Lebih Aesthetic

Freelancers
6 Cara Agar Feed Instagram Lebih Aesthetic

6 Cara Agar Feed Instagram Lebih Aesthetic

Memiliki feed yang aesthetic merupakan cara efektif untuk menggunakan Instagram. Sebagai salah satu platform media sosial paling populer, Instagram telah menjadi pilihan utama brand dan bisnis untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan.

Bagi para freelancer sendiri, Instagram merupakan sarana yang tepat untuk melakukan self-branding dan bahkan, untuk mencari klien potensial. Maka dari itu, kita harus memanfaatkan platform tersebut dengan sebaik mungkin.

Mengapa Memiliki Feed Instagram yang Aesthetic?

Instagram Aesthetic
Image by benzoix on Freepik

Tujuan utama memiliki feed Instagram yang aesthetic tentu saja untuk meningkatkan representasi atau citra brand, bisnis, dan personal agar lebih visual dan menarik. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat membantu kita untuk:

  • Menarik followers baru 
  • Membantu menonjolkan karakteristik brand atau karakter diri
  • Meningkatkan engagement melalui likes, komentar, dan shares
  • Membantu membangun pengikut yang loyal
  • Menjadi tool marketing yang kuat untuk mempromosikan bisnis dan jasa

Cara Membuat Feed Instagram Lebih Aesthetic

Nah, ada beberapa cara membuat feed Instagram lebih menarik dan cantik yang harus kamu coba!

1. Pilih Tema Warna

Memilih tema warna yang konsisten bisa membantu menciptakan brand yang mudah dikenali. Kamu bisa memilih warna yang bisa merepresentasikan brand atau karakteristikmu, kemudian gunakan warna tersebut di seluruh feed-mu!

Misalnya, jika brand-mu lebih fokus pada alam, kamu bisa menggunakan warna hijau atau warna-warna earth tones. Jika kamu lebih ingin menonjolkan karakteristik yang modern atau edgy, kamu bisa memilih warna hitam atau putih.

2. Gunakan Filter yang Sama

Tidak hanya warna feed, kamu juga bisa menggunakan filter atau gaya edit yang sama di setiap foto. Cara ini tentu saja akan semakin membuat feed Instagram aesthetic karena setiap foto terlihat lebih senada.

Jangan takut salah memilih filter, kamu bisa bereksperimen terlebih dahulu dengan filter sampai kamu menemukan yang paling cocok.

3. Coba Berbagai Komposisi Foto

Instagram Aesthetic
Image by Freepik

Cara membuat feed Instagram lebih aesthetic selanjutnya adalah bereksperimen dengan berbagai komposisi foto yang berbeda. Kamu bisa mencoba menggunakan flat lays (gambar diambil dari atas), collages (kumpulan foto yang digabungkan), dan juga grid.

Misalnya, kamu bisa membuat grid yang berisi enam atau sembilan foto/gambar yang nantinya akan membentuk gambar lebih besar ketika dilihat melalui profile atau feed.

4. Gunakan Foto/Gambar Berkualitas Baik

Foto atau gambar dengan kualitas buruk dapat membuat feed Instagram tidak menarik, loh! Pastikan untuk selalu menggunakan gambar yang high-quality agar followers nyaman ketika melihat gambar tersebut.

Hindari gambar/foto yang buram, berpiksel, atau berkualitas rendah yang membuat feed-mu terlihat tidak begitu profesional. Brand yang menjual produk bahkan bisa menyewa jasa fotografer profesional untuk menjaga kualitas gambar.

5. Selaraskan Tema Konten

Good content
Image by storyset on Freepik

Tema feed itu tidak hanya dari warna saja, namun juga berkaitan dengan konten seperti apa yang di-posting. Menyelaraskan tema konten bisa membuat tampilan feed Instagram lebih rapi dan aesthetic. Misalnya jika ingin fokus meningkatkan brand awareness produk makanan, maka kamu bisa mem-posting gambar makanan secara konsisten. Jika kamu seorang desainer grafis, kamu bisa mem-posting berbagai desain-mu dengan konsisten.

Nah, maka dari itu, kita sering menemukan banyak pengguna yang memiliki lebih dari satu akun. Hal ini dilakukan agar setiap akun Instagram dapat fokus ke tema konten yang sama.

6. Manfaatkan Story Highlights

Last but not least yaitu manfaatkan story highlights dengan sebaik mungkin. Story highlights merupakan salah satu hal pertama yang kamu lihat ketika membuka profile pengguna. Agar membuat feed Instagram lebih aesthetic, kamu bisa menggunakan story highlights dengan mengumpulkan dan menyortir setiap story yang pernah diunggah.

Selain itu, pastikan juga kamu memilih tema warna yang sama untuk setiap cover highlight dengan tema feed-mu, ya!

Baca Juga: 5 Buku Motivasi Terbaik untuk Freelancer

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID