6 Pekerjaan Paling Dibutuhkan Lima Tahun ke Depan

Freelancers
6 Pekerjaan Paling Dibutuhkan Lima Tahun ke Depan

6 Pekerjaan Paling Dibutuhkan Lima Tahun ke Depan


Dengan pandemi yang mendorong digitalisasi dalam berbagai bidang, dunia kerja turut mengalami imbasnya. Maka dapat kita lihat ada jenis profesi baru yang bermunculan untuk menyesuaikan dengan keadaan sekarang, khususnya semenjak budaya Work from Home (WFH) berkembang. Setidaknya ada 6 pekerjaan paling dibutuhkan di masa depan.


Dilansir dari CNN Indonesia, ada enam pekerjaan paling dibutuhkan dalam lima tahun ke depan. Pekerjaan-pekerjaan ini tentunya hadir sejalan dengan pertumbuhan teknologi digital.

1. Data Analyst dan Scientist

pekerjaan paling dibutuhkan
ilustrasi analisis ©pexel.com


Data analyst bertanggung jawab dalam mengelola, menyajikan, meneliti sekaligus menerjemahkan suatu data, sedangkan data scientist bertugas untuk mengumpulkan segala macam data yang nantinya menjadi bahan untuk dianalisis.

2. Spesialis Artificial Intelligence (AI)


Inovasi teknologi dengan menggunakan Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan memang sudah banyak diproduksi dan dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari. Spesialis AI adalah orang-orang yang berperan dalam memprogram sistem AI dan memastikan sistem ini berjalan dengan lancer.

3. Big Data Specialist


Big data specialist memiliki kemampuan untuk mengelola data dalam jumlah yang besar. Mereka akan bekerja sama dengan data analysis, data scientist hingga database administrator. Tugas utama big data specialist adalah menerjemahkan algoritma komputer ke dalam prototipe.

4. Digital Marketing Specialist


Karena semuanya serba digital sekarang, maka kebutuhan digital marketing specialist akan semakin besar. Digital marketing specialist berperan penting dalam kegiatan pemasaran atau promosi produk agar mencapai tujuan tertentu. Mereka harus merencanakan, mengembangkan serta mengidentifikasi pasar melalui berbagai platform digital.

5. Business Development Professional


Business development professional berkecimpung di berbagai industri dari konstruksi, makanan, manufaktur dan lain-lain. Mereka berperan sebagai jembatan antara pelanggan, target pemasaran dan menjaga relasi bisnis. Selain itu, business development professional harus mampu mengembangkan ide bisnis perusahaan hingga memperluas pasar.

6. Information Security Analyst


Pesatnya perkembangan teknologi digital juga sejalan dengan meningkatnya risiko keamanan digital. Maka tak heran jika banyak perusahaan yang berupaya untuk meningkatkan proteksi dari sisi keamanan informasi.
Maka dari itu, profesi information security analyst akan menjadi profesi yang banyak dicari ke depannya. Profesi ini membutuhkan keahlian khusus, terutama ketika monitoring permasalahan sistem terkait keamanan informasi perusahaan.

Nah, itulah enam pekerjaan yang akan sangat dibutuhkan 5 tahun ke depan. Namun, bukan berarti pekerjaan-pekerjaan lainnya tidak dibutuhkan ya. Setiap profesi yang ada pasti memiliki perannya masing-masing, juga saling melengkapi satu sama lain. Dari beberapa pekerjaan di atas, adakah yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu?

Atau kamu mau merekomendasikan profesi lainnya yang menurut kamu juga akan dibutuhkan beberapa tahun ke depan? Jangan ragu-ragu untuk membagikan informasinya di kolom komentar ya!

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Tenaga Kerja

Admin

Author Since: 27 June 2022

Leave Your Comment

id_ID