6 Tanda Kamu Butuh Healing

Freelancers
6 Tanda Kamu Butuh Healing

6 Tanda Kamu Butuh Healing

“Healing” merupakan istilah yang sering kita dengar dalam pembicaraan sehari-hari. Istilah ini merujuk pada suatu proses pemulihan diri untuk memperbaiki kesehatan mental dan emosional seseorang. Tak hanya itu, healing juga sering digunakan oleh para pekerja ketika mereka membutuhkan jeda di sela-sela pekerjaan.

Sebagai freelancer, tentunya ada beberapa pekerjaan yang memberikan tekanan tinggi atau bahkan, membuat kita cemas sepanjang saat. Maka dari itu, meluangkan waktu untuk beristirahat dan menenangkan pikiran merupakan cara yang tepat agar kamu bisa tetap produktif.

6 Tanda Freelancer Butuh Healing

Healing
Image by Freepik

Kebutuhan akan healing memang tergantung pada kondisi individu dan jenis pekerjaannya. Namun, ada beberapa tanda yang umumnya muncul ketika kamu sedang membutuhkan rehat dari pekerjaan:

1. Tingkat Stress Tinggi

Tanda pertama kamu butuh healing adalah ketika kamu merasakan stress yang berlebihan. Tekanan atau stress yang berlebihan dapat juga menyebabkan gangguan fisik seperti sakit kepala, insomnia, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.

Orang yang memiliki tingkat stress tinggi mungkin merasa sulit untuk bersantai dan bahkan, merasa cemas sepanjang waktu.

2. Kehilangan Motivasi dan Minat

Pernahkah kamu merasa tidak lagi antusias terhadap pekerjaan? Atau sering merasa kurang bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan? Nah, perasaan-perasaan seperti itu merupakan tanda bahwa kamu butuh jeda atau waktu istirahat.

Kurangnya motivasi dan minat dapat terjadi karena terjebak dalam rutinitas kerja yang monoton atau tekanan dari pekerjaan yang membuatmu tidak bisa enjoy.

3. Kurang Produktif

Jika lama dibiarkan, kehilangan motivasi dan minat juga dapat berdampak pada produktivitas. Berhati-hatilah jika kamu mulai merasa kurang produktif. Hal ini dapat terjadi ketika kamu terlalu banyak berpikir tentang pekerjaan atau terlalu banyak mengambil pekerjaan yang tidak relevan dengan kemampuanmu.

4. Ketidakmampuan Mengambil Keputusan

Mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan juga merupakan tanda kamu butuh healing. Situasi ini sering ditemui pada orang-orang dengan jumlah atau beban pekerjaan yang berat. Tekanan seperti itu lah yang membuat mereka menjadi tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri.

5. Kesulitan Menyeimbangkan Waktu

Tanda kamu butuh healing selanjutnya adalah ketika kamu sudah merasa kesulitan untuk menyeimbangkan antara waktu bekerja dan istirahat, khususnya ketika waktu bekerjamu malah memakan waktu istirahat.

6. Kesehatan Mental

Jika kamu mengalami gangguan kesehatan mental seperti depresi atau anxiety, maka kamu membutuhkan perhatian medis dan profesional. Tekanan pekerjaan pun dapat 

4 Aktivitas untuk Healing

Healing
Image by Freepik

Penting bagi setiap freelancer untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan mental. Ketika kamu sudah mengalami beberapa tanda di atas, maka sangat baik jika kamu mengambil jeda di sela-sela kegiatan kerja untuk beristirahat dan mengembalikan semangatmu.

Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk healing:

Rekreasi

Menonton film di bioskop, berjalan-jalan ke pantai, piknik, dan lain sebagainya merupakan aktivitas rekreasi yang bisa mengurangi tekanan dari pekerjaan. Jika kamu tidak bisa meninggalkan rumah, kamu juga bisa melakukan rekreasi ringan di rumah seperti menonton serial TV, membaca buku, mendengarkan musik, dan lain-lain.

Hobi

Melakukan hobi yang disukai juga dapat membantu mengurangi stress atau tekanan dari pekerjaan. Pilihkan aktivitas yang menyenangkan dan sesuai dengan minatmu, seperti memasak, bernyanyi, menulis, berkebun, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, hobi juga dapat memulihkan energi loh! Dengan melakukan kegiatan yang kamu suka, kamu dapat memberikan waktu untuk diri sendiri atau “me time”, serta membiarkan pikiranmu untuk bersantai.

Olahraga

Bagi kamu yang sering kehilangan semangat atau kurang produktif, berolahraga merupakan cara yang tepat untuk menambah energi. Ketika berolahraga, tubuh melepaskan hormon edorfin yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres.

Nah, olahraga juga terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental loh! Beberapa kegiatan olahraga yang bisa lakukan untuk healing yaitu yoga atau meditasi, jalan santai, dan bermain futsal atau bulu tangkis.

Liburan

Aktivitas healing terakhir adalah liburan. Luangkan lebih banyak waktu untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata. Dengan berlibur, kamu mendapatkan kesempatan untuk menjauh dari tugas pekerjaan yang menuntut, mengurangi kecemasan, serta menenangkan pikiran.

Liburan juga menjadi cara yang tepat agar kamu bisa “work-life balance”. Kamu juga bisa mengajak keluarga atau teman untuk berlibur bersama dan menciptakan kenangan bersama.

Baca Juga: 5 Tips Produktif untuk Social Media Manager

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID