6 Tips Sukses Multitasking untuk Freelancer

Freelancers

6 Tips Sukses Multitasking untuk Freelancer

Photo by No Revisions on Unsplash

Menjadi freelancer itu pasti sudah tidak asing dengan istilah multitasking. Secara singkat, multitasking adalah suatu kemampuan dalam mengerjakan dua atau lebih pekerjaan dalam satu waktu. Biasanya seorang freelancer bisa mengambil lebih dari satu pekerjaan atau project sekaiigus. Maka dari itu, kemampuan dalam multitasking harus dimiliki oleh setiap freelancer.

Berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan oleh kalian para freelancers biar sukses multitasking. Let’s check these out!

1. Pilih Pekerjaan yang Saling Berhubungan

Tips sukses multitasking untuk para freelancers pertama adalah hindari memilih pekerjaan yang sama sekali tidak berhubungan. Kalau kamu harus mengerjakan dua pekerjaan sekaligus tapi masih harus beradaptasi dengan salah satu pekerjaan, kamu bisa pecah konsentrasi dan bingung jadinya.

2. Fokus ke Deadline

Catat lah deadline setiap pekerjaan agar kamu tidak miss atau ketinggalan. Kalau sudah dicatat, kamu jadi bisa tahu pekerjaan mana yang harus lebih awal dikerjakan. Dengan begini, kamu jadi bisa membagi waktu dengan lebih baik.

3. Tentukan Prioritas

Para freelancers juga jangan lupa untuk menentukan prioritas, ya! Menentukannya bisa dimulai dari mengkategorikan pekerjaan dari yang termudah sampai tersulit. Kamu juga bisa mengkategorikannya dari tanggal deadlinenya. Nah, kalau sudah melakukan ini, kamu tinggal lihat  pekerjaan mana yang harus menjadi prioritasmu.

Baca Juga: Langkah-Langkah Belajar Bahasa Inggris untuk Freelancer

4. Buat To-Do-List

Terkadang freelancer yang melakukan banyak hal sekaligus itu bisa merasa pusing, apalagi kalau tidak membuat jadwal yang betul. Untuk menghindari pusing dan bingung, sebaiknya kamu membuat to-do-list harian atau mingguan agar membantumu menjadi lebih teratur. Kalau ada to-do-list, dijamin kamu tidak akan kelewatan apapun deh!

5. Disiplin

Menjadi disiplin itu kunci kesuksesan multitasking. Kalau kamu sudah melakukan semua tips di atas tapi tidak disiplin, semuanya jadi sia-sia, dong! Menjadi disiplin juga bisa membuatmu lebih jago lagi dalam mengatur waktu

6.Take a Break!

Tips multitasking terakhir yang tak kalah penting yaitu take a break atau istirahat sejenak. Jadi freelancer itu memang susah susah gampang, tapi jangan sampai kamu jadi overwhelmed dan overworked. Balance is the key! So, buat para freelancers jangan lupa luangkan waktu untuk istirahat di sela-sela multitaskinga ya!

Nurul Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID