6 Warna Paling Populer dalam Branding

Freelancers

6 Warna Paling Populer dalam Branding

Photo by Robert Katzki on Unsplash

Dalam branding dan marketing, pemilihan warna adalah keputusan yang tidak dapat dilakukan semaunya saja. Beberapa penilitian menunjukkan bahwa warna memiliki peran penting dalam menciptakan kesan pertama. Nah, makanya kita sering sekali dengar istilah psikologi warna atau bidang studi yang penting saat membuat aset pemasaran, mengembangkan bisnis atau mengubah citra brand.

Tahukah kamu kalau ada enam warna paling populer yang selalu digunakan untuk branding. Apa saja ya warna-warna itu?

1. Biru

Warna populer untuk branding yang pertama adalah warna biru. Biru itu identik dengan langit atau laut dan memiliki arti kedamaian, ketenangan, harmoni, serta stabilitas. Beberapa industri yang menggunakan warna biru untuk brandingnya yaitu industri teknologi, keuangan, dan lifestyle.

Platform media sosial paling populer seperti Twitter dan Facebook menggunakan warna biru untuk menunjukkan kualitas-kualitas seperti kepercayaan, keamanan, dan ketergantungan.

2. Hijau

Warna populer branding satu ini biasanya dekat dengan alam dan growth. Hijau identik dengan kesehatan, ide baru, organik, dan alami. Nah, makanya sering kita lihat banyak perusahaan kesehatan yang menggunakan warna hijau untuk brandingnya

3. Merah

Siapa sih yang tak suka warna yang satu ini? Warna merah sangat menarik perhatian dan biasanya menjadi simbol dari keberanian, gairah, serta energi. Salah satu platform media sosial yang menggunakan warna merah untuk brandingnya yaitu YouTube.

Tak hanya itu, warna merah juga sering digunakan sebagai tombol CAT (Call-to-Action) di berbagai situs web. 

4. Hitam

Biasanya ketika kita mendengar warna ini, pasti langsung mengasosiasikannya dengan misteri atau elegan. Dalam branding, warna hitam memiliki berbagai arti seperti keanggunakan, kekuatan, konsistensi, dan kemewahan. Ada banyak brand fashion high-end yang menggunakan warna hitam, seperti Chanel, Louis Vuitton, dan Dior. Biasanya warna hitam ini sering dikombinasikan dengan warna putih.

Baca Juga: Brand Ambassador Kpop Idol: Apakah Efektif?

5. Oranye

Dalam psikologi warna, warna oranye mewakili makna keseimbangan, antusiasme, kesuksesan, dan kreativitas. Dalam marketing, warna oranye dapat menimbulkan perasaan senang atau bahagia. Acara TV anak-anak terkenal seperti Nickelodeon menggunakan warna oranye ini untuk branding-nya. Tak hanya itu, platform e-commerce seperti Shopee juga menggunakan warna ini, loh!

6. Pink

Warna populer terakhir dalam branding adalah pink atau merah muda. Warna pink biasanya populer untuk brand yang target pasarnya adalah perempuan. Pink punya makna kualitas feminin, kekanak-kanakan, cinta, dan keceriaan. Nah, makanya tak heran jika brand-brand besar seperti Barbie dan Victoria’s Secret sangat menonjolkan warna pink dalam branding-nya.

Nurul Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID