7 Pekerjaan Freelance Paling Populer 2022

Freelancers

7 Pekerjaan Freelance Paling Populer 2022

Photo by Thanzi Thanzeer on Unsplash

Pekerjaan freelance telah berkembang secara pesat dari tahun ke tahun dan akan terus berlanjut hingga di tahun-tahun mendatang. So, jenis pekerjaan satu ini sangat fleksibel dan cocok dilakukan oleh berbagai kalangan, baik sebagai pekerjaan sampingan atau utama. Nah, untuk orang-orang yang sedang mencari pekerjaan tetap, freelance ini bisa menjadi batu loncatan dan menambah pengalaman di CV.

Pokoknya seiring kemajuan teknologi dan digitalisasi, setiap orang bisa bekerja dari jauh deh! Di tahun 2022, ada beberapa pekerjaan freelance yang paling populer dan banyak dicari oleh perusahaan, bisnis, maupun individu.

Apa saja ya pekerjaan-pekerjaan freelance paling populer di tahun 2022? Baca artikel selengkapnya, ya!

1. Spesialis Media Sosial

Pekerjaan freelance populer pertama adalah spesialis media sosial, seperti social media manager, social media officer, dan sebagainya. Seperti yang kita tahu, media sosial sudah menjadi sarana utama untuk dapat terhubung dengan orang lain.

Nah, perusahaan atau bisnis pasti memanfaatkan media sosial untuk promosi dan terhubung dengan konsumen. So, mereka akan selalu butuh orang-orang yang dapat mengelola dan membuat rencana untuk konten media sosial.

2. Penulis Freelance

Pekerjaan freelance populer selanjutnya adalah penulis freelance, baik content writer, copywriter, maupun creative writer. Ketiga jenis penulis tersebut pasti selalu dibutuhkan oleh perusahaan atau bisnis karena membantu dalam digital marketing.

Alasan lain kenapa pekerjaan satu ini sangat populer bagi para freelancer adalah karena mereka tidak harus memiliki tool khusus atau spesifik. And also, Ada banyak kelas-kelas online yang bisa kamu ikuti biar skill menulis-mu bertambah.

3. Desain Grafis

Kegiatan pemasaran di media sosial yang semakin marak membuat jasa desain grafis sangat dibutuhkan. So, itu lah sebabnya desain grafis menjadi salah satu pekerjaan freelance paling populer di tahun ini.

But, desain grafis itu tidak hanya berurusan dengan media sosial, loh! Tetapi juga hal-hal lain seperti cover buku, undangan, poster produk, dan lain-lain. Kalau kamu tertarik ingin belajar tentang desain grafis, ada banyak kelas online gratis yang bisa kamu ikuti!

4. Editor

Kalau kamu merasa jago dalam hal tata bahasa, ejaan bahasa atau penulisan, kamu bisa bekerja sebagai editor. Pekerjaan editor buku atau tulisan bisa juga mencakup penelitian atau pengecekan fakta. Yang lebih menariknya lagi, biasanya editor itu juga punya skill menulis. So, mereka bisa mengambil dua jenis pekerjaan sekaligus.

Tidak hanya editor buku atau tulisan, editor video juga sangat populer dan banyak dicari, loh! Mereka harus punya kemampuan dalam menggunakan berbagai software editing video. And also, video editor juga harus punya “sense of art” yang baik.

5. Freelance Konsultan Keuangan

Banyak sekali klien pribadi atau perusahaan yang membutuhkan jasa penasihat atau konsultan keuangan. So, itu lah kenapa jasa freelance konsultan keuangan sangat dibutuhkan. Dengan adanya jasa ini, perusahaan dan bisnis bisa mendapatkan panduan terhadap keputusan keuangan. And also, konsultan keuangan juga biasanya berkutat dalam hal asuransi, pajak, real estate, dan lain-lain.

6. Freelance Virtual Assistant

Pekerjaan freelance populer selanjutnya adalah virtual assistant atau VA. Yes, betul banget! Pekerjaan satu ini sangat mirip dengan sekretaris atau personal assistant. Bedanya adalah virtual assistant dilakukan secara remote atau jarak jauh.

So, kalau kamu orangnya organized, dapat menyelesaikan tugas dengan baik, dan bisa mengoperasikan tool produktivitas, maka pekerjaan satu ini cocok banget deh buat kamu!

7. Data Analyst

Pekerjaan freelance paling populer terakhir adalah data analyst. Secara umum, data analyst itu bertanggung jawab untuk menerjemahkan dan mengolah angka-angka menjadi laporan yang dapat dipahami oleh manajemen.

Setiap perusahaan pasti selalu membutuhkan jasa data analyst untuk mengolah data dalam penjualan, logistik, dan lain-lain. So, itu lah mengapa kemampuan dalam bidang keuangan sangat bermanfaat.

Well, itu dia tujuh pekerjaan freelance paling populer di tahun 2022. Bagaimana nih, apakah kalian tertarik juga untuk menjadi freelancer? So, bagi kamu yang baru terjun di dunia freelance dan bingung mau mulai dari mana, langsung daftarkan diri di Rumah Freelancer, ya!

Nurul Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID