7 Tips Sukses SEM untuk Digital Marketing

Freelancers
7 Tips Sukses SEM untuk Digital Marketing

7 Tips Sukses SEM untuk Digital Marketing

Internet merupakan salah alat utama dalam mempromosikan bisnis dan salah satu cara untuk memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan penjualan adalah melalui Search Engine Marketing (SEM).

Strategi pemasaran digital ini membantu bisnis menempatkan iklan mereka di mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Nah dalam artikel ini, kita akan membahas definisi, tujuan, dan cara kerja SEM, serta beberapa tips sukses dalam menjalankan kampanye SEM.

Definisi dan Cara Kerja SEM?

Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi pemasaran digital yang memanfaatkan mesin pencari untuk menempatkan iklan bisnis di halaman hasil pencarian. Iklan ini biasanya tampil di bagian atas halaman hasil pencarian atau di sisi kanan halaman. 

SEM biasanya terbagi menjadi dua kategori, yaitu PPC (pay-per-click) dan SEO (search engine optimization). Jadi dengan kata lain, SEO yang sebelumnya sudah kita bahas merupakan bagian dari SEM.

PPC adalah model iklan di mana pengiklan membayar ketika seseorang mengklik iklan mereka. Iklan ini muncul di bagian atas atau di sisi kanan halaman hasil pencarian. PPC dapat memberikan hasil yang cepat dan terukur, tetapi biaya per klik dapat bervariasi tergantung pada kata kunci dan persaingan.

Di sisi lain SEO adalah teknik yang dilakukan untuk memperbaiki peringkat organik halaman web di mesin pencari.  Strategi SEO mencakup pencarian kata kunci yang relevan, optimasi konten, dan membangun backlink yang berkualitas.

Inti dari Cara kerja SEM adalah dengan menargetkan kata kunci tertentu untuk menampilkan iklan di halaman hasil pencarian. Dalam model PPC, pengiklan membayar ketika iklan mereka di klik oleh pengguna. Dalam model SEO, situs web berusaha memperbaiki .peringkat mereka di hasil pencarian dengan teknik SEO.

Baca Juga: 9 Indikator Penting SEO yang Harus Kamu Tahu!

7 Tips Sukses SEM untuk Digital Marketing

Berikut adalah beberapa tips SEM untuk para digital marketers yang sudah kami rangkum. Let’s check these out!

1. Tentukan Tujuan yang Jelas

Sebelum menjalankan kampanye SEM, pastikan kamu sudah menentukan tujuan yang jelas, seperti meningkatkan lalu lintas situs web, meningkatkan penjualan, atau meningkatkan brand awareness. 

Dengan menentukan tujuan yang jelas, kamu dapat memilih strategi yang paling tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Pilih Kata Kunci yang Relevan

Salah satu kunci sukses dalam menjalankan kampanye SEM adalah dengan memilih kata kunci yang relevan. Kata kunci ini harus berkaitan dengan bisnismu dan digunakan oleh calon pelanggan dalam pencarian online. 

Kamu juga dapat menggunakan tools seperti Google Keyword Planner untuk membantumu menemukan kata kunci yang relevan dan populer.

3. Gunakan Landing Page yang Relevan

Setelah pengguna mengklik iklan, mereka akan diarahkan ke landing page yang relevan. Pastikan landing page tersebut sesuai dengan kata kunci dan memberikan informasi yang jelas dan berguna kepada pengguna. 

Landing page yang baik juga harus mudah dinavigasi dan memiliki call-to-action yang jelas.

4. Buat Iklan yang Menarik

Iklan yang menarik dapat membantu meningkatkan jumlah klik dan membedakan iklan bisnismu dari iklan pesaing. So, pastikan kamu sudah menggunakan kalimat yang menarik dan menggoda dalam judul dan deskripsi iklan. 

Selain itu, tambahkan fitur tambahan juga seperti sitelink dan call-to-action untuk membuat iklan lebih menarik.

5. Monitor dan Optimalkan SEM

Penting untuk terus memantau kinerja kampanye SEM dan membuat perubahan untuk meningkatkan performance. 

Misalnya, kamu dapat mengubah kata kunci atau membuat iklan baru untuk meningkatkan klik atau konversi. Kamu juga dapat menguji variasi iklan atau landing page untuk menentukan versi yang paling efektif.

6. Retargeting

Retargeting adalah teknik yang berguna untuk menargetkan pengguna yang sudah mengunjungi situs web sebelumnya. 

Teknik ini dapat membantu meningkatkan konversi dan meningkatkan brand awareness Retargeting dapat dilakukan melalui iklan di Google Display Network atau melalui iklan di platform media sosial.

7. Ikuti Perkembangan SEM

Tips terakhir adalah terus ikuti perkembangan teknologi dan algoritma mesin pencari yang terus berkembang. 

Misalnya, Google Ads sering memperkenalkan fitur baru dan algoritma yang perlu diikuti untuk memaksimalkan kinerja kampanye SEM.

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID