8 Film Motivasi Terbaik Freelancer Wajib Tonton!

Freelancers
8 Film Motivasi Terbaik Freelancer Wajib Tonton!

8 Film Motivasi Terbaik Freelancer Wajib Tonton

Menonton film dapat menjadi cara untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi dalam menggapai mimpi yang kita inginkan. Film-film motivasi sering mengisahkan perjuangan, ketekunan, dan keberhasilan individu yang menghadapi tantangan serupa dalam mencapai tujuan mereka.

Nah, bagi kalian para freelancers, film-film seperti ini dapat mendorong kalian untuk terus berusaha, memperluas wawasan, dan berani mengatasi rintangan yang mungkin kalian hadapi dalam karir atau hidup.

8 Film Motivasi Terbaik

Dalam artikel ini, Rumah Freelancer sudah merangkum 7 film motivasi terbaik yang harus kamu tonton. Yuk baca selengkapnya di bawah ini!

1. The Pursuit of Happyness (2006)

Film Motivasi
The Pursuit of Happyness © SONY PICTURES ALL RIGHTS RESERVED

Film ini berkisah tentang perjuangan hidup seorang pria bernama Chris Gardner (Will Smith) untuk mengatasi kesulitas keuangan dan menjaga kehidupan bersama putranya, Christopher (Jaden Smith).

Chris adalah seorang salesman yang berjuang keras untuk mencari nafkah setelah istrinya meninggalkannya. Chris juga menghadapi kehilangan rumah, kehilangan pekerjaan, dan beberapa tantangan lainnya. Meskipun situasi yang tampak putus asa, Chris terus berjuang dengan tekad yang kuat, kerja keras, dan ketekunan yang luar biasa.

Film ini dapat memberikan motivasi bagi kamu yang pernah melalui kegagalan dan merasa tidak lagi bersemangat. Selain itu, film ini menyampaikan pesan kuat bahwa ketika kita mempertahankan impian, berani mengambil risiko, dan bertahan dalam menghadapi kegagalan, kita pun memiliki kesempatan untuk meraih kebahagiaan dan kesuksesan.

2. Good Will Hunting (1997)

Film Motivasi
Retrieved from screenrant.com

“Good Will Hunting” bercerita tentang seorang pemuda jenius bernama Will Hunting (Matt Damon) yang bekerja sebagai petugas kebersihan di MIT. Ketika kemampuannya dalam matematika terungkap, Will menarik perhatian seorang profesor matematika terkemuka yang ingin membantu mengarahkan potensinya. Namun, Will harus menghadapi masa lalunya yang rumit dan belajar menghadapi ketakutan dan kerentanannya.

Perjuangan WIll mengatasi masa lalunya yang traumatis dapat menjadi motivasi untuk para penonton, khususnya mereka yang memiliki pengalaman sama. Melalui tokoh Will, kamu dapat terus terdorong untuk mencari potensi, menghadapi ketakutan, dan mengejar kebahagiaan.

3. Laskar Pelangi (2008)

Laskar Pelangi
Retrieved from tribunnews.com

“Laskar Pelangi” adalah film Indonesia yang disutradarai oleh Riri Riza, berdasarkan novel karya Andrea Hirata. Film ini mengisahkan tentang perjuangan sekelompok anak muda dari desa Gantong, Belitung Timur, untuk mendapatkan pendidikan yang layak di tengah keterbatasan ekonomi dan kondisi sekolah yang memprihatinkan. Mereka membentuk kelompok yang bernama “Laskar Pelangi” dan bersama-sama menghadapi tantangan dan hambatan dalam menjalani pendidikan.

Selain mengangkat isu tentang kemiskinan dan keterbatasan pendidikan, film ini juga menyoroti nilai-nilai persahabatan, kebersamaan, dan keberanian dalam menghadapi tantangan. Film ini akan mengajarkan dan memberika kita motivasi untuk tidak membiarkan latar belakang atau kondisi sosial menghambat ambisi dan aspirasi kita. 

4. 3 Idiots (2009)

Film Motivasi
Retrieved from tribuneindia.com

“3 Idiots” adalah film komedi-drama India yang menceritakan tentang kisah tiga mahasiswa, Rancho (Aamir Khan), Farhan (R. Madhavan), dan Raju (Sharman Joshi), yang mengejar impian mereka di sebuah perguruan tinggi teknik yang penuh tekanan dan ekspektasi tinggi. Film ini menggambarkan pentingnya mengikuti passion dan mengejar impian yang sejati daripada hanya mengejar keberhasilan akademik atau memenuhi ekspektasi orang lain.

Selain itu, “3 Idiots” juga menyoroti tekanan yang seringkali ada dalam sistem pendidikan dan mengeksplorasi tema-tema seperti kreativitas, kebebasan berpikir, persahabatan, dan pentingnya menjalani hidup dengan bahagia. Melalui humor dan pesan yang kuat, film motivasi satu ini menginspirasi penonton untuk berani melangkah keluar zona nyaman, mencari jati diri, dan mengejar impian yang sesuai dengan bakat dan minat.

5. The Founder (2016)

The Founder
Retrieved from tribunnews.com

Film biografi yang disutradarai oleh John Lee Hancock ini menceritahkan kisah Ray Kroc (Michael Keaton). Ia adalah seorang salesman yang berhasil mengubah restoran cepat saji kecil bernama McDonald’s menjadi franchise global yang sukses dan populer di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Melalui cerita Ray Kroc, penonton dapat melihat pentingnya visi, ketekunan, dan kegigihan dalam menghadapi rintangan dan tantangan bisnis. Film ini juga menyoroti pentingnya inovasi, perubahan, dan adaptasi dalam menghadapi dinamika pasar.

6. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Merry Riana
Retrieved from bacaterus.com

“Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar” adalah film Indonesia berdasarkan kisah nyata Merry Riana, seorang pengusaha sukses dan motivator terkenal. Film ini mengisahkan perjalanan Merry Riana (Chelsea Islan) dari seorang mahasiswa Indonesia yang datang ke Singapura dengan mimpi menjadi pengusaha sukses.

Awalnya, Merry menghadapi banyak tantangan dan rintangan dalam mengejar impian tersebut, termasuk kegagalan, tekanan finansial, dan ketidakpercayaan diri. Namun, berkat kegigihannya, ia pun berhasil meraih satu juta dolar pertamanya di Singapura pada usia 26 tahun.

Melalui perjalanan Merry Riana, penonton diajak untuk merenungkan nilai-nilai seperti optimisme, kepemimpinan, dan pentingnya menciptakan peluang. Film ini membangkitkan semangat dan motivasi untuk mengejar impian, melampaui batasan, dan mewujudkan potensi diri.

7. Hidden Figures (2016)

Hidden Figures
By Jamie Righetti on filmschoolrejects.com

“Hidden Figures” adalah film didasarkan pada kisah nyata tiga wanita Afrika-Amerika yang bekerja di NASA pada era Perang Dingin. Film ini mengikuti perjalanan Katherine Johnson, Dorothy Vaughan, dan Mary Jackson yang harus menghadapi diskriminasi rasial dan gender dalam upaya mereka untuk memberikan kontribusi besar bagi program luar angkasa Amerika Serikat.

Film ini menunjukkan ketekunan, kecerdasan, dan dedikasi ketiga wanita tersebut dalam mengatasi hambatan yang dihadapi. Tidak hanya itu, mereka juga harus berjuang melawan rasisme, seksisme, dan stereotip yang menghalangi kemajuan mereka. “Hidden Figures”pun  menginspirasi penonton dengan mengangkat kisah perjuangan dan pencapaian wanita-wanita yang luar biasa dalam bidang sains dan teknologi.

8. The Theory of Everything (2014)

Stephen Hawking
Retrieved from orami.co.id

Banyak dari kita yang pasti sudah mengenal sosok Stephen Hawking. Film biografi “The Theory of Everything” ini mengisahkan perjalanan hidup Stephen Hawking (Eddie Redmayne), dari masa muda hingga menjadi salah satu tokoh paling terkemuka dalam ilmu fisika.

Film ini menggambarkan kehidupan Stephen Hawking sebelum dan setelah didiagnosis dengan penyakit neuron motorik yang menghancurkan. Meskipun begitu, ia tidak menyerah pada impian dan ambisinya dalam mengungkap rahasia alam semesta. Dukungan dari istri pertamanya, Jane (Felicity Jones), juga menjadi faktor penting dalam perjuangannya.

Film ini menginspirasi penonton dengan mengajarkan bahwa meskipun kita menghadapi kesulitan atau batasan dalam hidup, masih ada potensi besar untuk mencapai keberhasilan dan memberikan kontribusi berarti kepada dunia. Film ini sungguh dapat memberikan kita motivasi, ya!

Itulah 8 film motivasi yang harus kamu tonton. Film-film seperti ini dapat mengingatkan reelancer akan pentingnya tekad, kerja keras, dan keyakinan diri dalam mencapai keberhasilan, serta memberikan pengingat bahwa kegagalan adalah bagian normal dari perjalanan menuju sukses.

Ingin bergabung menjadi freelancer? Langsung daftarkan diri kamu di Rumah Freelancer, ya! Temukan juga berbagai artikel seputar freelance dan berita menarik lainnya di sini!

Baca Juga: Yuk Mengenal 5 Perbedaan Translator dan Interpreter!

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID