9 Indikator SEO yang Harus Kamu Tahu!

Freelancers
9 Indikator SEO yang Harus Kamu Tahu!

Indikator SEO yang harus kamu tahu!

Di era serba digital seperti saat ini, website telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan bisnis. Meskipun begitu, memiliki website saja belum cukup menjamin keberhasilan bisnis online.

Nah, untuk dapat bersaing dan mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari seperti Google, maka kamu membutuhkan teknik SEO atau Search Engine Optimization.

Pengertian dan Tujuan SEO

SEO merupakan suatu praktik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic ke sebuah website melalui mesin pencari.

Tujuan utama dari praktik ini adalah meningkakan peringkat website di halaman mesin pencari agar website bisa lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari informasi atau produk yang relevan dengan bisnis kita.

Tidak hanya membantu meningkatkan visibilitas dan peringkat website, SEO juga dapat membantu meningkatkan user experience dan engagement.

Apa Saja yang Menjadi Indikator SEO?

Mesin pencarian memperhitungkan banyak faktor untuk memutuskan apakah sebuah halaman website bisa mendapatkan ranking atas pada halaman hasil pencarian.

Hal tersebut menunjukkan bahwa indikator SEO adalah aspek yang perlu kita upayakan saat mengoptimasi website. Lalu, apa saja ya indikator-indikator tersebut?

1. Domain

Domain merupakan alamat suatu website. Misalnya alamat website www.rumahfreelancer.id. Menurut NiagaHoster, ada beberapa domain factors yang memiliki dampak pada performa SEO:

  • Ejaan domain yang jelas dan mudah
  • Ukuran domain yang tidak terlalu rumit/panjang
  • Umur domain yang sudah lama aktif dapat lebih dihargai oleh mesin pencari
  • Sejarah domain yang baik atau tidak banyak aktivitas spam

2. Konten Website

Indikator kedua adalah konten website. Konten yang relevan, informatif, dan berkualitas tinggi sangat penting dalam menentukan ranking website.

Konten dengan keyword yang tepat, struktur yang jelas, serta dapat dengan mudah dibaca dan dipahami oleh pengunjung dapat menambah skor SEO.

Backlink merupakan tautan atau link dari website lain yang mengarah ke halaman website kita. Nah, indikator SEO ini sangat penting karena menjadi pertimbangan mesin pencari dalam menilai kredibilitas website.

Mesin pencari akan menilai kualitas backlink termasuk popularitas dan otoritas website yang memberikan backlink tersebut. Jika kamu berencana membeli backlink, maka kamu harus hati-hati dan pastikan backlink tersebut tidak berada di website yang berkonten negatif.

4. Tampilan dan Struktur Website

Tampilan dan struktur website juga merupakan indikator SEO yang tidak kalah penting. Kedua elemen ini harus bersifat SEO-friendly.

Beberapa hal yang membuat suatu website dikatakan SEO-friendly adalah mudah diakses, struktur website rapi, menu navigasi jelas, link mudah dikenali, kombinasi warna yang pas, tampilan konsisten di browser, Call to Action yang jelas, serta responsif.

Baca Juga: Pomodoro Times: Teknik Manajemen Waktu untuk Freelancer

5. Optimasi Gambar

Indikator SEO selanjutnya adalah optimasi gambar. Gambar merupakan elemen yang sering pemilik website lupakan padahal hal ini cukup berdampak pada SEO.

Hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam mengoptimasi gambar yaitu dengan memastikaan penamaan file-nya tepat, memilih gambar dengan ukuran yang sesuai, dan lain-lain.

6. Pengalaman Pengguna (User Experience)

Indikator SEO
Image by Freepik

Pengalaman pengguna (User Experience) juga menjadi kunci dalam optimasi website. Hal ini mencakup kecepatan loading halaman, desain yang menarik dan responsif, navigasi yang mudah user pahami, serta pengalaman pengguna yang baik.

7. Meta Tags

Meta tags seperti title tag, description tag, dan header tag memainkan peran penting dalam menentukan ranking. 

Title tag harus mencakup keyword yang relevan, sementara description tag harus singkat dan menggambarkan konten halaman website dengan jelas. 

Tidak hanya itu, header tag juga harus mengandung keyword yang relevan dan menggambarkan struktur konten halaman website.

8. Mobile-Friendly

Indikator SEO
Image by storyset on Freepik

Website yang responsif mobile (mobile-friendly) lebih disukai oleh mesin pencari karena penggunaan ponsel dan tablet semakin meningkat. Halaman website yang tidak mobile-friendly cenderung menurunkan ranking pada hasil pencarian. Indikator SEO ini terkadang dilupakan oleh beberapa orang. Padahal kebanyakan orang mengakses website melalui mobile atau handphone, maka dari itu buatlah konten yang mobile friendly.

9. Keamaan (Security)

Indikator SEO terakhir adalah keamaan website. Mesin pencari juga menilai keamanan sebuah halaman website. Website yang memiliki sertifikat SSL dan protokol HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) cenderung mendapatkan ranking yang lebih tinggi.

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID