Berapa sih Penghasilan Freelancer di Indonesia 2022? 

Freelancers

Berapa sih Penghasilan Freelancer di Indonesia 2022? 

Penghasilan freelancer sebenarnya tidak tetap, berdasarkan pada banyaknya proyek yang mereka kerjakan.

Kerja freelance di masa pandemi menjadi hal sangat yang menggiurkan. 

Pekerjaan ini dapat kamu lakukan di mana saja dan memiliki waktu yang fleksibel. 

Tetapi beberapa orang masih ragu dalam memilih karier sebagai freelancer karena ketidakpastian pendapatan dalam sebulan. 

Sebenarnya penghasilan para freelancer tergantung pada pilihan bidang pekerjaan.

Berikut pendapatan freelancer berdasarkan bidang pekerjaannya. 

1. Fotografer 

Biasanya para fotografer tidak terikat dengan suatu perusahaan, tetapi mereka menawarkan jasa kepada beberapa perusahaan. 

Harga yang sudah freelancer tetapkan biasanya bergantung pada keahlian dan portofolio yang mereka berikan di awal kesepakatan. 

Jika kita menggunakan jasa fotografer profesional yang sudah handal dan proyeknya sudah di mana-mana, biasanya mereka menetapkan harga di atas Rp 10.000.000. 

Harga tersebut merupakan harga yang sangat wajar, karena mereka biasanya tidak hanya melakukan jasa foto saja tetapi juga peralatan yang klien butuhkan seperti kamera, lighting, dan studio.

Tetapi apabila kamu adalah seorang fotografer yang baru terjun dan mau membangun portofolio, biasanya para pemula menetapkan harga 25.000 – 300.000 rupiah. 

2. Video Editor

Bidang pekerjaan lain yang biasanya digeluti oleh para freelancer adalah video editor. Mereka menawarkan jasa edit video untuk berbagai konten. 

Bisa untuk konten tiktok dan reels yang merupakan video pendek atau juga bisa untuk konten video youtube yang merupakan video panjang. 

Harga yang ditawarkan pun bervariasi, tergantung pada keahlian dan portofolio yang diperlihatkan. 

Rata-rata harga yang dipasang oleh para freelancer berkisar pada 80.000 – 1.000.000 rupiah. 

Jika kamu memasang harga 100.000 rupiah untuk satu video pendek dan pada bulan itu kamu mengambil proyek hingga 15 video, maka 15 x 100.000 = 1.500.000. Jadi penghasilanmu dalam satu bulan bisa mencapai Rp 1.500.000. 

Angka tersebut bisa jadi lebih ataupun kurang sesuai dengan seberapa banyak proyek yang kamu ambil pada bulan itu. 

3. Desain Grafis

Bidang freelance desain grafis sangat dicari oleh para klien. Selain karena harga yang cukup bersaing, biasanya pengerjaannya lebih cepat dan professional. 

Adapun harga yang mereka tawarkan biasanya berkisar pada angka 50.000 – 500.000 rupiah. 

Hal tersebut bergantung pada tingkat kesulitan dan kerumitan desain yang klien minta. 

Ada pula yang menetapkan harga di atas 1.000.000 rupiah untuk desain website pada landing page. 

Jika kamu memasang harga 50.000 rupiah dan mengambil 50 proyek desain grafis, maka 50 x 50.000 = 2.500.000. 

Balik lagi, hal tersebut bergantung pada seberapa banyak proyek yang kamu kerjakan dan rate card yang kamu tawarkan. 

4. Social Media Specialist 

Lagi happening banget nih bidang pekerjaan social media specialist. Selain karena prospek ke depan sangat menjanjikan, social media menjadi salah satu tempat yang menggiurkan untuk promosi produk dan brand yang sedang kita bangun, karena pengguna social media semakin hari semakin meningkat. 

Pada tahun 2022 pengguna media sosial di Indonesia meningkat sebanyak 12,35% menjadi 191 juta orang pengguna. 

Harga yang ditetapkan oleh para social media specialist pun cukup tinggi. Rata rata harga yang mereka tawarkan berkisar pada 500.000 – 3.000.000 rupiah. 

Baca juga: Tipe Klien yang Paling Bikin Pusing Para Freelancer

Harga tersebut sudah termasuk dengan konsep, copywriting, dan konten yang akan masuk proses produksi selama satu bulan. 

Jika kamu memegang dua akun media sosial dan kamu menetapkan harga 3.000.000 untuk setiap akun maka penghasilanmu dalam satu bulan bisa mencapai 6.000.000 rupiah. 

5. Content Writer 

Selain social media specialist, menjadi seorang content writer pun merupakan profesi yang makin banyak digandrungi orang. 

Content writer biasanya menyediakan jasa penulisan artikel yang SEO friendly, penulisan caption, penulisan script untuk konten youtube maupun instagram. 

Harga yang mereka tawarkan berkisar pada 10.000 – 150.000 rupiah. 

Harga tersebut tergantung pada penulisan konten apa. Jika penulisan untuk artikel SEO friendly rata-rata para freelancer menetapkan harga di atas 50.000 per satu artikel yang bebas dari plagiasi. 

Jika hanya untuk penulisan caption range harga biasanya lebih murah, sekitar 10.000 – 20.000 rupiah per caption. 

6. Penerjemah/Translator 

Walaupun sekarang banyak aplikasi atau mesin penerjemah gratis yang beredar di internet, tetapi jasa penerjemah atau translator manusia masih sangat orang-orang butuhkan. 

Kebutuhan akan kesesuaian kata, kalimat, dan grammar tetap harus sesuai. Apalagi jika dokumen tersebut merupakan dokumen resmi yang bertujuan untuk kepentingan negara, perusahaan, maupun pribadi seperti upload jurnal internasional untuk para akademisi. 

Biaya yang mereka tawarkan biasanya dihitung per halaman atau per kata. 

Rata rata para freelancer menawarkan harga 40.000 – 250.000 rupiah per lembar. Bisa kamu hitung saja berapa penghasilanmu jika menerjemahkan beberapa dokumen. 

7. Content Creator

Bidang freelance content creator ini mulai booming pada tahun 2020. Rasanya semua orang bisa menjadi content creator jika mempunyai tiktok dan memulai untuk upload video. 

Rate yang ditawarkan oleh content creator biasanya beragam dan cenderung mahal jika kamu seorang content creator terkenal. 

Harganya bisa mencapai 8.000.000 rupiah untuk satu konten yang dibuat. Tetapi jika kamu seorang content creator pemula, rate yang ditawarkan beragam. Berkisar pada 100.000 – 500.000 per satu konten promosi. 

Menjadi content creator jika melihat penghasilannya, jelas sangat menggiurkan. Apakah kamu salah satu orang yang tertarik untuk freelance sebagai content creator?

Baca juga: Warren Buffett: Sosok Inspiratif di Dunia Investasi!

Nah itulah jumlah penghasilan beberapa freelancer di Indonesia pada tahun 2022. Tidak ada patokan khusus, karena para freelancer tidak menerima gaji pokok dari klien yang menggunakan jasanya. 

Penghasilan berdasar pada banyaknya proyek yang dikerjakan pada bulan itu. Semakin banyak maka penghasilan akan semakin besar. 

Kamu mau menjadi freelancer atau sedang mencari freelancer untuk mengerjakan proyekmu? Kunjungi Rumah Freelancer untuk informasi lebih lanjut!

Rizqa Munadiyah

Author Since: 27 June 2022

Leave Your Comment

id_ID