Brand Ambassador Kpop Idol: Apakah Efektif?

Freelancers
brand ambassador kpop idol

2 tahun belakangan ini, banyak e-commerce Indonesia yang berbondong-bondong menggunakan jasa Kpop Idol sebagai brand ambassador. Mereka menggunakan jasa Idol Kpop untuk mempresentasikan produk dari brand yang mereka miliki. Seperti mie lemonilo yang menggandeng NCT Dream sebagai star ambassador terbarunya pada awal januari 2022. 
NCT Dream adalah unit ketiga dari grup musik NCT yang berasal dari agency  SM Entertainment. Banyak penggemar mereka yaitu NCTzen, yang menyambut kabar gembira itu. Terlebih lagi dalam strategi pemasarannya mie lemonilo menyisipkan photo card member yang semakin membuat penggemar bertambah antusias.

Btw, brand ambassador itu apa sih?

Brand ambassador merupakan sebuah ikon dari suatu brand. Lebih jelasnya, brand ambassador adalah seseorang yang bertugas mempromosikan brand dalam meningkatkan brand awareness dan mendorong angka penjualan perusahaan.

Kpop Idol Sebagai Brand Ambassador

Mengutip laman dari tempo.co, penggemar kpop Indonesia menempati peringkat 1 dari 20 negara dengan penggemar kpop terbanyak. Hal ini menunjukan jika antusiasme masyarakat terhadap kpop begitu tinggi bahkan mengalahkan rumah dari kpop itu sendiri. 

Lantas, apakah hal ini menguntungkan jika menjadikan kpop idol sebagai brand ambassador?

Jika kita lihat berdasarkan jumlah penggemar kpop dan stereotip yang melekat pada mereka, yaitu loyal, royal, dan komsutif. Tentu hal ini bisa sangat menguntungkan bagi sebuah brand. Khususnya dalam social media engagement perusahaan. Mereka bahkan rela melakukan dan membeli apapun yang berkaitan dengan sang idola sebagai bentuk dukungan.

Sebagai contoh, mari kita lihat akun twitter mie lemonilo yang menampilkan NCT Dream dalam postingan terbarunya. Postingan yang menampilkan NCT Dream lebih banyak mendapat likes, reetwet, dan quote tweets di banding dengan postingan biasanya. Dan itu menunjukan adanya peningkatan social media engagement dari strategi e-commerce ini bagi perusahaan mie lemonilo.

Baca Juga : 7 Tips Tingkatkan Followers Instagram Secara Organik

Gaes, social media engagement ini sangat penting bagi sebuah perusahaan lho. Kenapa? Karena dengan begitu akan ada interaksi dengan para audiens yang memungkinkan audiens menjadi seorang pelanggan. Semakin banyak keterlibatan kita dengan para audiens, maka akan semakin besar audiens yang bisa kita dapatkan.

Kira-kira fenomena korean wave atau hallyu bisa bertahan lama atau enggak ya?

Kalau kita lihat perkembangannya, seharusnya sih iya, ya. Belum lagi banyak girl group dan boy group baru yang bermunculan.

Mengutip Larry Percy dan RR Elliot dalam buku Strategic Advertising Management yang dikunjungi oleh Oxford University. Terdapat 4 faktor yang menjadikan brand ambassador bisa berpengaruh. Empat faktor tersebut adalah sebagai berikut.

  • Visibilitas banyak (tingkat popularitas untuk meningkatkan brand awareness)
  • Tingkat kepercayaan publik terhadap si brand ambassador)
  • Power (hal ini bisa dinilai dari gaya hidup, value dan kepribadian yang menarik)
  • Power (ditentukan dari berapa pengikut, jumlah engagement,
  • Hal-hal lain yang dapat mempengaruhi pengikutnya untuk pendapat dari BA).

Rizqa Munadiyah

Author Since: 27 June 2022

Leave Your Comment

id_ID