Digital Marketing: Pekerjaan Paling Menjanjikan di Masa Depan

Freelancers

Digital Marketing: Pekerjaan Paling Menjanjikan di Masa Depan

Zaman semakin berkembang, penggunaan digital semakin menyebar ke setiap lapisan masyarakat. Setidaknya masyarakat sekarang sudah mengenal apa itu internet dan bagaimana cara penggunaannya. Termasuk dengan pekerjaan digital marketing.

Scope pekerjaan juga semakin bervariasi, jika dahulu cara memasarkan sebuah produk adalah dengan door to door, yaitu memasarkan dengan langsung menemui target pasar. Namun sekarang, memasarkan suatu produk atau jasa dapat kamu lakukan secara digital. Hal ini memudahkan berbagai macam brand untuk masuk ke pangsa pasar. 

Sehingga muncul bidang pekerjaan digital marketing, yang memiliki tugas untuk memasarkan suatu produk secara online yang dapat menjangkau banyak orang. Pekerjaan ini semakin marak dan semakin dikenal oleh banyak orang karena banyak perusahaan yang membutuhkan seseorang yang ahli di bidang digital marketing. Bermunculan juga kursus kursus bagi orang yang ingin mendalami bidang ini dari berbagai platform belajar. 

Lalu apa sih maksud dari digital marketing? Kenapa menjadi pekerjaan yang paling menjanjikan di masa depan? Simak artikel ini sampai habis.

Pengertian Digital Marketing 

Melansir dari Investopedia ada beberapa pengertian yang dapat mendeskripsikan digital marketing. 

  • Digital marketing memasarkan suatu produk atau jasa kepada target melalui digital channel. 
  • Bentuk marketing ini biasanya menggunakan website, mobile devices, dan berbagai platform di media sosial 
  • Bentuk marketing ini berbeda dengan internet marketing, yang biasanya hanya menggunakan website saja. 
  • Digital marketing merupakan bidang yang lebih luas, karena dapat menjangkau target pasar dengan email, content marketing, search engine, media sosial, dan masih banyak lagi. 
  • Salah satu tantangan terbesar seorang digital marketers adalah bagaimana mereka merancang campaign marketing yang berbeda

Pekerjaan digital marketing itu luas, tidak hanya satu bidang dan satu orang saja. Pilihan bidang pekerjaannya juga bervariasi. Ada social media strategist, SEO Specialist, Content Writer, Product Marketing, Brand Strategist, SEM Specialist, dan lain-lain. 

Kamu dapat memulai karir sebagai seorang digital marketer dengan memilih salah satu bidang yang kamu minati dan sesuai dengan skill yang kamu miliki. 

3 Alasan Digital Marketing Menjadi Pekerjaan yang Paling Menjanjikan

1. Era Digital

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, mengungkap, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital dalam 15 tahun mendatang. Di masa depan era digital akan semakin menyebar ke setiap lapisan masyarakat. Seseorang yang mempunyai skill digital savvy akan semakin banyak dicari, termasuk salah satunya adalah keahlian dalam bidang digital marketing. 

Orang yang ahli dalam bidang digital marketing akan menguasai beberapa tools untuk memasarkan sebuah brand kepada target pasar yang sesuai. Gajinya pun termasuk besar. Seseorang yang sudah berpengalaman dengan media sosial memiliki gaji yang bisa mencapai 2 digit. 

2. Ahli Analisis Pasar

Keahlian menganalisis masih sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan baik di masa sekarang maupun di masa depan. Kemampuan analisis pasar yang baik akan memudahkan kamu untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Serta pemilihan channel mana yang akan kamu gunakan untuk mempromosikan produk atau jasa. 

Melalui pekerjaan ini, keahlian menganalisis pasar akan semakin terasah dan kamu semakin ahli dalam mempromosikan suatu barang dan barang melalui berbagai channel. 

3. Networking 

Penggunaan digital platform pasti akan memudahkan kamu untuk menjangkau orang lebih banyak hanya dengan satu klik saja. Apalagi ketika kamu menjadi seorang freelancer, kamu akan bertemu dengan berbagai macam klien. Hal tersebut akan memperluas networking kamu. Networking ini berguna untuk memperlancar perjalanan karier di masa depan. 

Baca Juga: Tips Membangun Portofolio yang Baik agar Dilirik Klien

Ingin berkarier di bidang digital marketing tapi tidak memiliki banyak waktu? Yuk daftarkan dirimu sebagai freelancer di sini. Atau kamu sedang mencari freelancer untuk menyelesaikan projectmu? Klik di sini. 

Rizqa Munadiyah

Author Since: 27 June 2022

Leave Your Comment

id_ID