Digital Nomad: Istilah Gaul Pekerjaan di Era Digital

Freelancers

Digital Nomad: Istilah Gaul Pekerjaan di Era Digital

Digital Nomad
Image by master1305 on Freepik

Beberapa dari kita pasti sering mendengar istilah “digital nomad”. Semakin pesatnya dunia digital saat ini mendorong kemudahan dalam berbagai hal, seperti kemudahan dalam memperoleh informasi, belajar, dan bahkan bekerja. Tidak hanya itu, dunia digital juga menghasilkan jenis pekerjaan baru yang digandrungi oleh kaum muda.

Pengertian Digital Nomad

Digital nomad adalah suatu istilah untuk orang-orang yang bekerja secara jarak jauh atau long-distance dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Disebut dengan “nomad” karena para pekerja tersebut tidak punya tempat bekerja yang permanen.

Nah, mereka bisa bekerja dari mana saja, seperti kafe, perpustakaan, bahkan bekerja di luar kota atau luar negeri. Mereka bisa mengatur sendiri waktu mereka selama semua pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu. Alasan itu lah yang membuat profesi digital nomad banyak diminati oleh generasi milenial dan gen Z.

Keuntungan Menjadi Digital Nomad

Fleksibilitas yang ditawarkan ternyata membuat profesi satu ini kian populer. Apa saja ya keuntungannya?

  • Tidak terikat waktu dan tempat. Kamu bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja selama masih berpaku pada deadlines. Nah, makanya banyak sekali yang bekerja sambil berlibur.
  • Memiliki kebabasan untuk mengeksplor kemampuan dan pekerjaan lain. Kamu seorang content writer yang tertarik untuk belajar desain grafis? Bisa banget, loh!
  • Memiliki banyak koneksi dari berbagai wilayah. Tidak jarang juga mereka memiliki koneksi dari luar negeri.

Jenis-jenis Pekerjaan Digital Nomad

Buat kamu yang tertarik menjadi digital nomad, ada berbagai macam pekerjaan yang bisa kamu lakukan secara remote:

1. Digital Marketing

Jenis pekerjaan satu ini berkaitan dengan marketing perusahaan di media digital. Beberapa pekerjaan digital marketing meliputi spesialis media sosial, copywriter atau SEO writer, desain grafis, dan lain-lain.

2. Layanan atau Jasa

Pekerjaan di bidang layanan atau jasa itu juga ternyata bisa dilakukan secara remote, loh! Beberapa pekerjaan tersebut misalnya jasa konseling, konsultan, akuntan, dan asisten virtual.

3. Influencer

Nah, ini dia pekerjaan yang banyak dicita-citakan oleh Gen Z. Seorang influencer bisa bekerja dari mana saja. Ada berbagai macam jenis influencer tergantung dari target pasarnya, seperti influencer make-up, makanan, lifestyle, dan sebagainya. Mereka juga umumnya bekerjasama dengan perusahaan atau brand.

Baca Juga: 7 Pekerjaan Freelance Paling Populer 2022

Nurul Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID