Kerja Full Time? Tapi Pengen Jadi Freelancer? Bisa Banget!

Freelancers
full time tapi jadi freelancer
Image by jcomp on Freepik

Buat kamu yang lagi butuh pemasukan tambahan, atau sekedar ingin mencari pandangan baru, tapi kerja udah full time, ini pasti bikin dilema banget ya. Di satu sisi kamu butuh, tapi di satu sisi lagi kamu takut nggak bisa menghandle itu semua. Agak pusing ya, tapi kalau kata rancho dalam film three idiots sih, “All is well”. 

Btw, sekarang freelancer ini menjadi pekerjaan yang banyak banyak digandrungi, lho. Selain karena pekerjaan ini bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Alasan lainnya karena pekerjaan ini, kita tidak perlu terlibat langsung dengan bos yang mungkin saja menyebalkan. 

Jika kamu memang ingin menjadi seorang freelancer di tengah kerjamu yang full time. Agaknya, kamu butuh banyak kesiapan dan pertimbangan nih. Seperti kesiapan fisik, kesiapan waktu, dan juga kesiapan untuk kehilangan waktu beristirahat.  Kalau dalam bahasa gaulnya sih, “healing”.

Tips and Trick Jadi Freelancer dengan Kerja Full Time

Kalau kamu memang ingin menjadi seorang freelancer di tengah kerja yang full time. Kamu bisa menggunakan cara ini, lho;

1. Kenali Diri Sendiri

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia freelancer, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi minat dan bakatmu. Dengan begitu, kamu dapat memilih bidang freelancer mana yang kamu sukai dan kamu kuasai.   

2. Cek Aturan Perusahaan

Ada beberapa perusahaan yang mempunyai banyak peraturan. Tentunya, hal itu akan menyulitkan pekerjanya menjadi seorang freelancer. Untuk itu, cek  selalu aturan-aturan yang ada pada perusahaan. Jika peraturan yang ada memungkinkan kamu untuk menjadi seorang freelancer, maka siapkan diri dengan kemampuan yang mumpuni.

3. Bergabung dengan Situs Freelancer

Selanjutnya, kamu perlu bergabung dengan situs-situs atau website freelancer. Seperti rumahfreelancer, freelancer.com, fivver, dan lainnya. Hal ini bertujuan, supaya kamu bisa bertemu dan mendapatkan klien secara online. Dibutuhkan networking untuk bisa mendapatkan project freelancer, lho. Jadi, cek selalu situs-situs atau website yang sudah kamu ikuti untuk mendapatkan update terbaru mengenai project-project freelancer.

4. Buat Time Management

Menjadi seorang pekerja full time sekaligus freelancer bukanlah hal yang mudah. Buatlah manajemen waktu untuk mengatur rencana dan jadwal mu agar tidak berantakan. Pilihlah freelancer yang proses pengerjaannya bisa dilakukan pada saat weekend. 

Editor’s Pick

5. Jangan Malas

Jangan menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya kamu lakukan. Dengan kamu menunda, maka pekerjaan yang seharusnya selesai menjadi tidak selesai. Ingatkan dirimu bahwa, “Ada banyak pekerjaan yang harus dikerjakan!”.

6. Disiplin

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah disiplin waktu. Jika kamu tidak bisa disiplin waktu, maka tentu kamu tidak akan pernah bisa kerja fulll time sambil jadi freelancer. Untuk menyeimbangkan 2 pekerjaan dibutuhkan disiplin waktu, lho.

Demikian tips untuk kamu yang ingin menjadi freelancer tapi kerja full time. Btw, jangan lupa untuk istirahat ya. Ambis boleh, tapi jangan lupa akan kesehatan.

Rizqa Munadiyah

Author Since: 27 June 2022

Leave Your Comment

id_ID