Inilah Pentingnya BPJS Ketenagakerjaan untuk Freelancer!

Freelancers
Inilah Pentingnya BPJS Ketenagakerjaan untuk Freelancer!

Inilah Pentingnya BPJS Ketenagakerjaan untuk Freelancer!

Menjadi freelancer berarti harus siap dengan berbagai ketidakpastian, misalnya dalam hal keuangan atau jaminan pensiun. Tidak seperti pekerja kantoran atau full-time yang sudah mendapatkan jaminan sosial dan kesehatan dari perusahaan tempat mereka bekerja, freelancer harus proaktif dan up-to-date dalam hal tersebut.

Sebagai freelancer, kita juga tetap membutuhkan berbagai perlindungan dan jaminan baik sosial maupun kesehatan. Nah, cara yang efektif untuk mendapatkan perlindungan dan jaminan ini adalah dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan atau BPJS TK.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan program jaminan sosial dari pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada seluruh tenaga kerja di Indonesia, baik pekerja formal maupun informal. Program ini memberikan jaminan seperti:

  • Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
  • Jaminan Hari Tua
  • Jaminan Pensiun
  • Jaminan Kematian

Nah dalam program ini, setiap peserta atau perusahaan wajib membayar iuran bulanan ke BPJS TK sesuai dengan besaran upah dan jenis pekerjaan. Jaminan sosial ini bertujuan untuk memberikan perlindungan sosial bagi seluruh tenaga kerja Indonesia.

Apakah Freelancer Berhak Mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan?

Setiap pekerja lepas atau freelancer berhak mendapatkan kesempatan untuk memiliki BPJS Ketenagakerjaan, loh! Laman resmi BPJS menyebutkan bahwa pekerja lepas atau freelancers masuk ke dalam peserta BPJS Ketenagakerjaan BPU atau Bukan Penerima Upah.

So, freelancers tetap dapat mendapatkan Jaminan Hari Tua hingga jaminan kecelakaan kerja dengan mendaftarkan diri.

Tak hanya itu, cara mendaftarnya pun sangat mudah dan bisa dilakukan secara online. Bagi para freelancers yang tertarik, bisa langsung kunjungi laman ini!

Manfaat Memiliki BPJS Ketenagakerjaan untuk Freelancer

BPJS Ketenagakerjaan Freelancer
Image by pressfoto on Freepik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memiliki jaminan sosial untuk keuangan dan perlindungan di masa depan itu sangatlah penting, khususnya bagi freelancers yang tidak bekerja sebagai karyawan tetap atau full-time.

Dalam bagian ini, Rumah Freelancer akan membahas manfaat apa saja yang bisa freelancers dapatkan dengan memiliki BPJS Ketenagakerjaan.

1. Perlindungan Jaminan Sosial

Manfaat pertama yaitu dapat memberikan perlindungan terhadap risiko sosial ekonomi seperti kecelakaan kerja, sakit, pensiun, dan bahkan kematian. 

Jika seorang freelancer mengalami kecelakaan kerja atau sakit yang mengharuskannya tidak bekerja dalam jangka waktu tertentu, BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan jaminan penggantian upah selama masa tidak bekerja. 

Begitu juga jika seorang freelancer meninggal dunia, maka keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan jaminan santunan kematian.

2. Akses Kesehatan

Selain perlindungan terhadap risiko sosial ekonomi, para freelancer juga dapat memperoleh akses ke fasilitas kesehatan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan biaya yang lebih terjangkau. 

Mereka pun tidak perlu khawatir dengan biaya perawatan yang mahal saat sakit atau terkena kecelakaan kerja, karena BPJS akan menanggung biaya perawatan yang diperlukan.

3. Jaminan Pensiun

Freelancer yang telah memiliki BPJS Ketenagakerjaan selama minimal 15 tahun berhak memperoleh jaminan pensiun yang akan membantu mereka di masa pensiun nanti. Jaminan pensiun ini tentunya membantu mengurangi beban keuangan saat sudah tidak bekerja lagi dan tetap membutuhkan penghasilan tetap.

4. Memperkuat Legalitas Sebagai Pekerja

Manfaat lain memiliki BPJS Ketenagakerjaan bagi freelancer adalah mereka akan memiliki legalitas sebagai pekerja yang dapat dipertanggungjawabkan di mata hukum dan pihak lain. Hal ini tentunya dapat memperkuat posisi freelancer dalam mengajukan klaim atau bahkan tuntutan terhadap pihak yang melanggar kontrak kerja.

5. Meningkatkan Produktivitas

Dengan merasa terlindungi dan memiliki akses ke perawatan kesehatan yang terjangkau, freelancer pasti merasa lebih aman dan nyaman dalam bekerja. Kenyamanan dan keamanan ini pun dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan.

Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu meningkatkan reputasi dan kemampuan freelancer dalam menjalankan bisnis!

Baca Juga: 5 Tool AI Terbaik untuk Konten Media Sosial

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID