5 Tips Menentukan Key Opinion Leaders yang Tepat

Freelancers

Pesatnya perkembangan zaman dan teknologi membuat banyak hal menjadi berubah. Seperti halnya strategi dalam melakukan pemasaran yang kini juga ikut berubah. 

Melihat para konsumen yang sangat aktif dalam bermedia sosial, membuat para pemilik brand berlomba-lomba membangun image untuk mengikuti alur modernisasi melalui strategi marketing KOL. 

Strategi marketing KOL merupakan strategi dengan menunjuk salah satu orang yang bisa mempengaruhi orang atau sekelompok orang dengan kredibilitas dan personal branding yang mereka miliki. 

Penggunaan KOL menjadi sangat penting manakala brand ingin mengubah persepsi publik. Lebih lanjut, strategi KOL bertujuan untuk meningkatkan brand awareness untuk menjangkau lebih banyak audiens.

5 Tips Menentukan Key Opinion Leaders

key opinion leaders
Image by Freepik

Jika kamu tertarik untuk menggunakan strategi KOL, maka gunakan 5 tips berikut agar brand kamu bisa lebih kenal.

1. Tentukan Target Audience

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan audiens terlebih dahulu. Buat pertanyan, siapakah orang yang akan kamu targetkan sebagai calon pembeli produk? Hal ini agar memudahkan kamu dalam proses pemilihan KOL.

2. Pilih KOL yang Relevan dengan Brand 

Ini adalah hal penting yang sering orang abaikan yang akhirnya membuat brand tidak mengalami perubahan apapun. Dan untuk itu, pastikan KOL yang kamu pilih relevan dengan brand yang kamu bangun!. Sebab, KOL merupakan penghubung antara brand dengan konsumen. 

3. Pastikan KOL yang Kamu Pilih Berpengalaman

Selain itu, sebaiknya pilihlah KOL berdasarkan pengalaman yang ia tekuni. Sebab, semakin lama ia berkecimpung dalam bidang tertentu maka akan semakin profesional KOL tersebut.

4. Analisis Engagement Rate KOL yang kamu pilih

Dengan menganalisis engagement rate, kamu akan mengetahui tentang berapa jumlah like, followers, dan keterlibatan followers dengan post yang sudah terpublikasi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu terhindar dari  KOL yang mempunyai fake followers yang tentunya dapat merugikan kamu dalam banyak hal.

5. Analisis Bagaimana KOL dalam membuat konten

Hal ini menjadi penting karena konten bertujuan sebagai daya tarik, sehingga hal ini tidak boleh diabaikan apalagi dilupakan. Selain itu, ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap konten yang diberikan kepada KOL bisa diterima dengan baik oleh para pengikut (tepat sasaran). Jika produk yang akan dipasarkan adalah produk kecantikan, maka KOL yang paling tepat adalah beauty blogger begitupun seterusnya.

Itu dia informasi seputar tips menentukan key opinion leader yang tepat, jika kamu masih mengalami kesulitan dalam memilih key opinion leaders yang tepat untuk brand mu, kamu bisa meminta bantuan kepada ALLAH SWT.

Rizqa Munadiyah

Author Since: 27 June 2022

Leave Your Comment

id_ID