Lakukan 8 Hal Ini Agar Fokus Kerja Sepanjang Hari!

Freelancers
Lakukan 8 Hal Ini Agar Fokus Kerja Sepanjang Hari!

Lakukan 8 Hal Ini Agar Fokus Kerja Sepanjang Hari!

Bekerja dengan fokus yang tinggi selama seharian penuh mungkin menjadi tantangan yang sulit dilakukan bagi sebagian orang.

Tidak jarang kita merasa terlalu lelah atau mudah terganggu oleh hal-hal yang tidak penting sehingga pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan dengan cepat malah memakan waktu yang lama. 

Nah, oleh karena itu, menjadi fokus sepanjang hari adalah sebuah keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai. Dalam artikel ini, Rumah Freelancer akan membahas mengenai pentingnya menjadi fokus saat bekerja dan hal-hal apa saja yang bisa membuat kita fokus sepanjang hari.

Pentingnya Fokus Saat Bekerja

Fokus Kerja
Image by yanalya on Freepik

Tetap fokus saat kerja memberikan manfaat yang luar biasa bagi produktivitas dan kualitas kerja kita. Dengan fokus yang tinggi, kita dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih efektif dan efisien, sehingga waktu yang kita miliki dapat kita manfaatkan dengan lebih optimal.

Tidak hanya itu, bekerja dengan fokus yang tinggi juga membantu kita menghindari kesalahan dan membuat keputusan yang lebih baik. Meskipun begitu, tidak jarang kita merasa sulit untuk mempertahankan fokus sepanjang hari. 

Ada banyak hal yang dapat mengganggu konsentrasi kita, seperti chat masuk dari teman atau keluarga, panggilan telepon, atau suara-suara dari luar ruangan. Terlebih lagi, jika kita merasa lelah atau kurang tidur, sudah pasti fokus kita bisa menurun secara drastis.

Lalu, apa saja ya hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan fokus selama seharian penuh?

7 Tips Agar Fokus Kerja Sepanjang Hari

Sobat Rumah Freelancers tak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap fokus bekerja sepanjang hari. Check these out, ya!

1. Buat Jadwal Kerja

Jadwal Kerja
Image by storyset on Freepik

Membuat jadwal kerja merupakan faktor penting yang membantu kita tetap fokus. Jadwal kerja yang terstruktur dapat membantu kita memprioritaskan tugas-tugas yang harus diselesaikan dan menghindari hal-hal yang tidak penting untuk dilakukan.

2. Buat Daftar Prioritas

Ketika kita memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan, kadang-kadang sulit untuk menentukan tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Nah dengan membuat daftar prioritas, kita dapat memastikan bahwa tugas-tugas yang paling penting atau yang dekat dengan waktu deadline diselesaikan terlebih dahulu.

3. Hindari Gangguan

Fokus Kerja
Image by Freepik

Matikan notifications pada telepon seluler dan jangan membuka jendela aplikasi atau website yang tidak berhubungan dengan pekerjaan kita. Hal ini akan membantu kita menghindari godaan untuk memeriksa media sosial atau hal-hal lain yang tidak penting.

4. Hindari Multitasking

Mengerjakan dua hal atau lebih dalam satu waktu ternyata bisa membuat kita hilang fokus. Maka dari itu, akan jauh lebih baik jika kita fokus mengerjakan satu hal terlebih dahulu. Selain membuat kita tetap fokus, menghindari multitasking juga membantu kita agar tidak cepat lelah loh!

5. Istirahat Secara Teratur

Tip selanjutnya agar fokus kerja adalah beristirahat secara cukup. Ketika kita terus bekerja tanpa istirahat, kita bisa merasa cepat lelah dan kehilangan fokus. 

So, cobalah untuk istirahat selama 10-15 menit setiap jamnya. Gunakan waktu istirahat untuk melihat ke luar jendela, melakukan peregangan, atau melakukan sesuatu yang dapat membantu me-refresh otak kita.

6. Minum Air yang Cukup

Kurang minum air ternyata dapat menyebabkan kelelahan dan kehilangan fokus. Pastikan untuk minum air yang cukup selama bekerja. Jangan menunda-nunda untuk minum air, atau bahkan menggantinya dengan minuman yang mengandung terlalu banyak kafein atau gula.

7. Buat Lingkungan Kerja yang Nyaman

Fokus Kerja
Image by Freepik

Lingkungan kerja yang nyaman dapat membantu kita untuk tetap fokus kerja. Pastikan suhu ruangan sudah nyaman dan sesuai, duduk pada kursi yang nyaman dan gunakan pencahayaan yang memadai. 

Hindari suara-suara yang mengganggu seperti musik keras atau televisi yang menyala. Gunakan headphone untuk membantu memblokir suara dari luar ruangan agar tetap fokus.

8. Olahraga Secara Teratur

Olahraga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus kerja kita, loh! So, cobalah untuk mengatur jadwal olahraga secara teratur, entah itu di pagi hari sebelum bekerja atau di malam hari setelah bekerja. Olahraga juga dapat membantu kita untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan.

Baca Juga: Pentingnya Personal Branding untuk Freelancer

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID