Langkah-Langkah Belajar Bahasa Inggris untuk Freelancer

Freelancers

Langkah-Langkah Belajar Bahasa Inggris untuk Freelancer

bahasa inggris freelancer
Photo by Nothing Ahead

Di masa sekarang, bahasa Inggris adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh para pekerja freelancer. Khususnya bagi para pekerja freelance yang memiliki target untuk menjangkau calon klien global. Maka belajar bahasa inggris menjadi suatu keharusan bagi para freelancer.

Bahasa Inggris akan selalu dibutuhkan di berbagai jenis pekerjaan freelance, mulai dari web design, graphic design, programming hingga ke content writer. Tidak hanya dibutuhkan dalam hal pekerjaan, namun bahasa Inggris juga dibutuhkan sebagai sarana komunikasi.

Mempelajari bahasa memang terkadang sulit, apalagi ketika kita tidak mempelajarinya sejak kecil. Meskipun begitu, kemajuan teknologi membuat kita dapat belajar bahasa Inggris di mana saja.

Secara umum, ada tiga kemampuan berbahasa yang menjadi tolak ukur kemahiran seseorang. Tiga kemampuan tersebut adalah listening, reading, dan speaking.

Bagi kamu para freelancer yang sedang atau ingin belajar bahasa Inggris, yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini, ya!

1. Skill Listening dalam Bahasa Inggris

Para freelancers dapat memulai dengan berlatih kemampuan listening atau mendengarkan. Kamu bisa memulainya dengan cara yang simpel, seperti misalnya mendengarkan musik dalam bahasa Inggris.

Selain mendengarkan musik, kamu juga bisa berlatih dengan mendengarkan latihan-latihan listening di YouTube.

Nah, dengan melatih kemampuan listening, kamu jadi bisa terbiasa mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris.

2. Skill Reading dalam Bahasa Inggris

Setelah listening, langkah selanjutnya adalah dengan berlatih kemampuan reading atau membaca. Mulai lah dengan belajar membaca buku atau artikel pendek dalam bahasa Inggris. Perhatikan susunan kata dan grammar-nya.

Terbiasa membaca dalam bahasa Inggris juga akan membantumu meningkatkan kemampuan menulis. Seperti yang kita tahu, kemampuan membaca dan menulis biasanya saling terikat satu sama lain.

Nah, bagi para freelence yang menawarkan jasa dalam bidang penulisan konten, kamu bisa mengambil lebih banyak pekerjaan dari klien internasional kalau kemampuan reading dan writing-mu sudah baik.

Tidak hanya penulisan konten, ada juga pekerjaan-pekerjaan freelance lain yang bisa kamu ambil, seperti penerjemahan atau editing.

3. Skill Speaking

Langkah terakhir yaitu berlatih kemampuan speaking atau berbicara. Kemampuan bahasa Inggris-mu akan sia-sia kalau kamu tidak mempraktikannya.

Kamu bisa belajar berbicara dalam bahasa Inggris di mana saja dan dengan siapa saja. Kamu bisa belajar via aplikasi atau bahkan berlatih dengan teman yang juga sedang belajar.

Ketika kemampuan speaking-mu sudah baik, kamu tidak perlu khawatir lagi kalau harus meeting dengan calon klien internasional. Kamu juga bisa jadi lebih percaya diri kalau kamu sudah jago berbahasa Inggris, loh!

Nurul Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID