Langkah-Langkah Negosiasi untuk Freelancer

Freelancers

Langkah-Langkah Negosiasi untuk Freelancer

Photo by Sebastian Herrmann on Unsplash

Negosiasi adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap freelancer. Negosiasi dan komunikasi yang baik akan membantumu dan klien untuk mendapatkan kesepakatan yang saling menguntungkan. Apalagi jika harus menghadapi klien yang request “harga teman”, so, sudah sangat dipastikan kamu harus tahu langkah-langkah bernegosiasi!

1. Kumpulkan Informasi Sebelum Negosiasi

Langkah negosiasi pertama yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan dan pelajari informasi mengenai klien. Nah, negosiasi dapat berjalan dengan lancar kalau kamu sudah menguasi materi dan tahu klien seperti apa yang akan kamu hadapi. 

Dengan mengumpulkan informasi, kamu juga jadi tahu seberapa besar posisimu dan klien. So, kamu bisa mengambil celah dan menyusun strategimu agar bisa mendapatkan kesepatakan yang baik.

2. Berikan Informasi Secara Lengkap

Saat bernegosiasi, jangan berikan informasi setengah-setengah. So, calon klien harus tahu layanan dan keunggulan yang bisa kamu tawarkan. Kamu bisa juga sebutkan testimoni dari klien-klien sebelumnya untuk menambah kredibilitasmu!Kalau informasi yang diberikan sudah lengkap, calon klien bisa memiliki banyak masukan yang nantinya menjadi bahan pertimbangan mereka untuk bekerja denganmu.

3. Tanyakan Kebutuhan Klien dalam Negosiasi

Jangan pernah lupa untuk menanyakan apa kebutuhan klien. So, kamu harus lebih aktif untuk bertanya dan memberikan pandangan tentang kebutuhan mereka. Bahkan, kamu juga bisa membuat beberapa pertanyaan dan feedback tentang jasa atau layanan kamu tawarkan.

4. Berikan Solusi yang Saling Menguntungkan

Langkah negosiasi selanjutnya adalah memberikan solusi yang saling menguntungkan atau bisa juga disebut “win-win” solution, so kedua pihak bisa sama-sama puas. Setelah mengetahui informasi dan kebutuhan calon klien, kamu bisa menawarkan solusi yang tidak hanya menguntungkanmu namun juga menguntungkan mereka.

5. Berikan Penawaran Langka

Agar calon klien jadi lebih tertarik, kamu bisa juga loh menawarkan penawaran langka atau eksklusif. So, mereka akan lebih terdorong untuk mengambil tawaran itu apabila hanya ada di momen tertentu saja.

6. Tawarkan Alternatif dalam Negosiasi

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah siapkan tawaran atau solusi alternatif. Terkadang hasil negosiasi bisa saja tidak begitu sesuai dengan harapanmu, so, kamu sudah harus menyiapkan tawaran alternatif. Ingat ya guys, sedia payung sebelum hujan!

Baca Juga: Strategi Menghadapi Krisis Perusahaan: A Full Guide

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID