5 Tips Manajemen Waktu Untuk Freelancer

Freelancers
manajemen waktu freelancer
Image by Freepik

Walaupun menjadi seorang freelancer memiliki waktu yang fleksibel, namun seorang freelancer tetap membutuhkan manajemen waktu, lho.

Sebenarnya semua pekerjaan membutuhkan manajemen waktu, sih. Manajemen waktu ini penting untuk membuat pekerjaan bisa selesai dengan maksimal.

Berikut tips manajemen waktu untuk kamu;

1. Buat Jadwal

Menjadi seorang freelancer memang tidak akan terikat oleh waktu. Kamu memiliki kebebasan dalam proses pengerjaan. Tidak ada jam kerja nine-to-five layaknya pekerja kantoran. Kamu bisa bekerja pada saat pagi hari, siang hari, sore hari, atau bahkan malam hari. Kamu juga bisa bekerja dengan musik full volume, atau bahkan bekerja dengan posisi badan tengkurap.

Namun, kamu tetap perlu memiliki dan membuat jadwal untuk mengatur harimu. Hal ini bertujuan agar pekerjaan mu bisa terselesaikan dengan baik tanpa kendala sedikitpun. Kamu bisa memulai ini dengan membuat jadwal seperti, “jam 07.30 mulai bekerja” atau “pekerjaan ini yang harus diselesaikan terlebih dahulu”.

2. Buat Prioritas

Buatlah prioritas sebelum memulai pekerjaan, pisah kan antara tugas penting dengan tugas yang mendesak. Dengan kamu memisahkan dua hal tersebut, maka akan lebih memudahkan kamu dalam memutuskan pekerjaan mana yang perlu dikerjakan dan diselesaikan terlebih dahulu. Jangan mengerjakan dua pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Fokuslah pada satu pekerjaan. Dan selesaikan.

3. Jangan Menunda Pekerjaan

Banyaknya waktu yang dimiliki oleh seorang freelancer terkadang membuat beberapa orang menjadi terlena. Tak jarang, mereka akan menunda pekerjaan untuk hal yang sebenarnya tidak penting-penting, amat. Seperti bermain game atau membuka sosial media. Kamu boleh kok, bermain game, membuka sosial media, atau bahkan pergi berkencan. Tapi selesaikan pekerjaanmu terlebih dahulu. Menunda pekerjaan, hanya akan membuat pekerjaan semakin menumpuk. Selalu ingatkan dirimu, bahwa “Pekerjaan ini harus segera diselesaikan!”

4. Pertimbangkan Jumlah Proyek

Mengambil banyak proyek memang akan menghasilkan banyak uang, namun kamu juga perlu mempertimbangkan proyek mana yang perlu kamu pilih dan ambil. Kamu harus mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi saat kamu mengambil banyak proyek. Takutnya, hal itu bisa menurunkan performa kerjamu, membuat kamu menjadi kelelahan, dan membuatmu menjadi keteteran dalam mengerjakan pekerjaan.

5. Mengambil Hari Libur

Menjadi seorang freelancer memang identik dengan waktu yang fleksibel. Namun, kamu juga perlu untuk menetapkan hari libur. Seperti, mengambil dua kali hari libur. Entah untuk beristirahat atau sekedar menyegarkan pikiran. Kalau dalam bahasa gaulnya, sih “healing”. 

Bekerja secara terus menerus akan membuat fisik menjadi lelah. Dan hal itu bisa membuat performa kerjamu menjadi menurun.

Rizqa Munadiyah

Author Since: 27 June 2022

Leave Your Comment

id_ID