Mau Jago Menulis dalam Bahasa Inggris? Cek 5 Tips Ini!

Freelancers
Mau Jago Menulis dalam Bahasa Inggris? Cek 5 Tips Ini!

Mau Jago Menulis dalam Bahasa Inggris? Cek 5 Tips Ini!

Menulis Bahasa Inggris
Image by Freepik

Skill dalam bahasa Inggris menjadi salah satu aset berharga di zaman sekarang, baik untuk pelajar maupun pekerja. Skill ini juga bisa memberikan kamu akses tak terbatas ke informasi dan pengetahuan karena ada banyak literatur dan sumber daya online lainnya yang tersedia dalam bahasa Inggris.

Selain itu, skill dalam bahasa Inggris juga membuka peluang karir yang lebih luas. Hasil survei ‘Kecakapan Berbahasa Inggris dan Posisi Indonesia dalam Tenaga Kerja Global’ menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi berbahasa Inggris dianggap penting oleh profesional SDM di 96% perusahaan Indonesia. 

Tidak hanya di dalam negeri, perusahaan global yang berkembang pesat seringkali mencari individu dengan kemampuan komunikasi yang kuat dalam bahasa Inggris.

Nah, salah satu skill aktif dalam berbahasa Inggris yang  erat kaitannya dengan speaking adalah skill menulis. Semakin sering kamu terbiasa mengolah kalimat dan paragraf dalam tulisan, maka semakin akrab juga pikiran kamu dengan bahasa Inggris. Ketika kamu jago menulis dalam bahasa Inggris, maka skill speaking kamu juga akan terbantu.

Pekerjaan Freelance yang Membutuhkan Skill Menulis dalam Bahasa Inggris

Menulis dalam Bahasa Inggris
Image by Freepik

Bagi freelancer, ada berbagai peluang karir yang bisa kamu dapatkan jika kamu memiliki skill yang baik dalam menulis bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa pekerjaan freelance yang membutuhkan skill tersebut:

Freelance Writer

Ada beberapa jenis freelance writer, yaitu:

  • Content writer: Menulis konten seperti artikel, postingan blog, deskripsi produk, atau materi online lainnya. Content writer bertugas untuk menghasilkan konten yang informatif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan audiens.
  • Copywriter: Bertugas untuk menulis teks promosi atau iklan dengan tujuan mempengaruhi pembaca agar mengambil tindakan tertentu, seperti membeli produk atau menggunakan layanan tertentu
  • SEO Writer: Bertugas menghasilkan tulisan yang mempertimbangkan optimisasi mesin pencari atau SEO. Tulisan yang dihasilkan memiliki kata kunci yang relevan, struktur kalimat yang sesuai, dan teknik SEO lainnya untuk membantu konten berada di peringkat tinggi dalam hasil pencarian.
  • Creative Writer: Bertugas menghasilkan tulisan kreatif seperti cerita pendek, novel, puisi atau skenario. Mereka sering kali mengeksplorasi berbagai gaya penulisan, membangun karakter yang menarik, dan mengembangkan alur cerita yang menarik.
  • Academic Writer: Terlibat dalam penulisan makalah, esai, atau tugas akademik lainnya yang membutuhkan analisis mendalam, referensi yang kuat, dan kepatuhan terhadap standar akademik.

Editor

Selain pekerjaan dalam bidang tulisan, pekerjaan yang membutuhkan skill menulis dalam bahasa Inggris adalah editor tulisan. Mereka bertanggung jawab untuk menyunting dan memperbaiki tulisan agar mencapai kualitas yang lebih baik. 

Tugas seorang editor meliputi memeriksa dan mengoreksi kesalahan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca. Mereka juga harus menghasilkan teks yang berkualitas tinggi, mudah dibaca, dan memenuhi standar penerbitan atau kebutuhan klien.

Translator

Skill dalam bahasa Inggris juga membantu dalam pekerjaan translator. Translator harus memiliki pemahaman mendalam tentang tata bahasa, kosakata, dan nuansa budaya. Tugas seorang translator adalah mengubah teks asli ke dalam bahasa target dengan mempertahankan arti, gaya, dan tujuan komunikatif yang sama.

Tips Agar Jago Menulis dalam Bahasa Inggris

Skill Bahasa Inggris
Image by Freepik

1. Perbanyak Membaca

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan skill menulis dalam bahasa Inggris adalah dengan membaca secara aktif. Baca buku, artikel, blog, dan materi dalam bahasa Inggris yang beragam. Perhatikan struktur kalimat, penggunaan kosakata, dan gaya penulisan. 

Jangan ragu untuk meneliti kata-kata yang tidak kamu kenal dan perhatikan cara penulis menyampaikan informasi dan argumen mereka, ya!

2. Praktik Menulis Secara Konsisten

“Practice makes perfect”.

Latihan adalah kunci untuk mengasah skill menulis. Tetaplah menulis secara teratur. Mulailah dengan menulis jurnal, membuat catatan, atau menulis pendapat tentang topik-topik yang kamu minati. Hal ini akan membantu kamu meningkatkan kefasihan, kreativitas, dan kelancaran dalam bahasa Inggris.

3. Pelajari Grammar dan Vocabulary

Memahami grammar atau tata bahasa dasar dan kosakata yang tepat sangat penting dalam menulis dalam bahasa Inggris. Pelajari tenses, kalimat aktif dan pasif, frasa umum, idiom, dan kata-kata yang sering digunakan dalam konteks tertentu. Kamu juga bisa menggunakan kamus atau sumber daya online lainnya untuk memperluas kosakata.

4. Manfaatkan Platform Belajar Bahasa Inggris

Di zaman ini, kamu bisa dengan mudah meningkatkan skill bahasa Inggris dengan memanfaatkan berbagai platform online seperti YouTube. Tidak hanya itu, manfaatkan juga aplikasi seperti DuoLingo untuk belajar. Dengan begini, kamu bisa meningkatkan skill-mu di mana saja dan kapan saja.

5. Edit dan Revisi Tulisan

Selain berlatih menulis, luangkan juga waktu untuk mengedit dan merevisi tulisan kamu. Periksa grammar, ejaan, dan kesalahan lainnya. Perhatikan alur dan struktur tulisan kamu, serta kejelasan dan kelancaran kalimat. 

Jangan lupa untuk membaca ulang tulisan kamu dengan kritis, dan jika memungkinkan, mintalah saran dari orang lain. Proses editing dan revisi tentunya akan membantu meningkatkan kualitas tulisan kamu secara keseluruhan.

Itu dia 5 tips yang bisa kamu lakukan agar semakin lancar dan jago menulis dalam bahasa Inggris. Jika kamu tertarik untuk mencari berbagai pekerjaan freelance dalam bidang penulisan, langsung daftarkan diri kamu di Rumah Freelancer, ya!

Baca Juga: 7 Gaya Kepemimpinan yang Harus Pekerja Kenali!

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID