6 Tips Membangun Network untuk Freelancers

Freelancers

6 Tips Membangun Network untuk Freelancers

Membangun network untuk freelancers merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh para freelancers, khususnya mereka yang baru menjadi freelancer. Berbeda dengan karyawan full-time pada umumnya, penghasilan freelancer tidak menentu setiap bulannya. Semuanya tentu tergantung dari berapa banyak pekerjaan atau project yang diambil atau diterima oleh freelancer.

Maka dari itu, networking menjadi faktor yang sangat penting dalam membangun karir sebagai freelancer. Semakin luas network yang dibangun, maka semakin banyak juga kesempatan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan.

Nah, untuk kamu freelancer baru yang bingung harus memulai membangun network dari mana, simak tips dari Rumah Freelancer di bawah ini, ya!

1. Mengikuti Forum

Tips membangun network yang pertama adalah libatkan dirimu dalam berbagai forum dan event. Jangan ragu untuk mendaftarkan diri jika kamu melihat ada event di media sosial. Nah, dengan mengikuti forum, kamu berkesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru. Mereka mungkin bergelut di bidang yang sama denganmu atau bahkan, bisa menjadi calon klien!

Selain bertemu dengan orang baru, kamu juga bisa menunjukkan kemampuanmu, loh.

2. Perbanyak Portfolio

Bagi freelancers, portfolio adalah kunci dari keberhasilan karir. Dengan portfolio yang baik dan menarik, kamu bisa menggaet lebih banyak klien baru. So, jangan lupa percantik portfolio-mu ya!

Kamu juga bisa lihat tips membuat portfolio menarik di sini.

3. Bergabung dengan Network yang Sudah Ada

Kamu tidak perlu membuat network baru untuk mendapatkan banyak teman dan kenalan. Nah, kamu bisa bergabung dengan network yang sudah ada sebelumnya. Salah satu bentuk network yang paling umum adalah perkumpulan atau komunitas, seperti komunitas desain grafis atau komunitas copywriter. 

Komunitas memungkinkanmu bertemu dengan orang dari berbagai macam latar belakang dan pengalaman bekerja. Di sini lah momen-mu untuk membangun network.

4. Gunakan Media Sosial

Seperti yang kita tahu, media sosial telah menjadi suatu kebutuhan di era digital ini. Tidak hanya bisnis saja yang bisa berkembang karena media sosial, tapi para freelancers juga bisa mengembangkan networknya, loh!

Bertemu dan jalin komunikasi dengan para freelancers lain dengan mem-follow akun-akun yang dikhususkan untuk freelancer, salah satunya seperti akun Rumah Freelancer di Instagram. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menunjukkan hasil karya atau kemampuanmu lewat medsos.

5. Manfaatkan Co-Working Space

Salah satu keuntungan menjadi freelancer adalah kamu bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja, selama kamu bisa menyelesaikannya tepat waktu. Banyak freelancers yang bekerja dari rumah, luar kota, kafe, dan bahkan dari co-working space.

Nah, co-working space adalah tempat yang sangat tepat untuk memulai membangun network. Jangan malu untuk berkenalan dan berbagai pengalaman dengan para freelancers lain.

6. Jalin Hubungan yang Baik dengan Klien

Tips terakhir membangun network adalah jalin hubungan yang baik dengan klien. Proyek boleh selesai, namun jangan sampai komunikasi-mu dengan klien juga selesai, ya! Menjalin komunikasi yang baik dengan klien bisa membawa banyak manfaat, salah satunya adalah mereka bisa memberikan kamu referensi untuk proyek atau pekerjaan-mu selanjutnya.

Selain itu, ketika klien merasa puas dengan hasil kerjamu, mereka juga biasanya akan menawarkan jasamu ke calon klien lain di industri yang sama. So, always keep in touch ya guys!

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID