Mengapa Freelance Menjadi Pilihan Karier Saat Pandemi COVID-19?

Freelancers
Mengapa Freelance Menjadi Pilihan Karier Saat Pandemi COVID-19?

Mengapa Freelance Menjadi Pilihan Karir Saat Pandemi COVID-19?


Meskipun sudah berlangsung hingga dua tahun lebih, namun COVID-19 masih ada di sekitar kita. Selama masa pandemi ini, budaya bekerja di rumah atau work from home menjadi sangat berkembang. Banyak perusahaan yang tetap mengadopsi cara kerja dari rumah ini. Bahkan, tak jarang banyak juga pemilik bisnis yang memfokuskan pada pemasaran online.
Situasi di atas menunjukkan bahwa tren kerja di masa depan akan sepenuhnya berbasis digital. Selain itu, berbagai perusahaan start-up akan terus berkembang dan bertransformasi mengikuti kebutuhan konsumen. Banyak pegawai kantoran yang sekarang menggeluti pekerjaan sampingan atau freelance.


Selain fleksibel dan dapat menjadi sumber tambahan penghasilan, bekerja sebagai freelancer juga memiliki tiga kelebihan.

ilustrasi kerja di rumah ©pexel.com

1.Tidak Terbatas pada Satu Profesi


Bekerja sebagai freelancer tidak terbatas hanya dalam satu profesi saja. Jika kamu memiliki keterampilan menulis dan desain grafis, kamu dapat mengambil pekerjaan sebagai content writer dan graphic designer secara bersamaan.
Selain itu, kamu juga dapat mencoba keterampilan atau hal baru yang belum sempat kamu lakukan. Kamu bisa memulai dengan mengambil pekerjaan ringan dengan resiko kerja yang relatif aman, kemudian mengambil proyek-proyek yang lebih besar.

2. Meningkatkan Keahlian dan Kreativitas


Melakukan pekerjaan freelance berarti mengambil berbagai proyek dari klien-klien. Setiap proyek atau pekerjaan tentunya membawa pengalaman baru yang akan memperluas keahlianmu. Jika perkerjaan kantoran dengan jadwal jadwal tetap terasa lebih statis, maka freelancing bersifat lebih dinamis dan memberikan banyak peluang untuk tumbuh. Dan dengan jadwal pekerjaan yang fleksibel, kamu bisa mengambil kelas atau kursus tersebut kapan pun kamu bisa.
Eits, jangan lupa selalu menyelesaikan pekerjaan di waktu tenggat/deadline yang sudah ditentukan. Baca artikel tentang tips bekerja sebagai freelance di sini.

3. Dapat Mengontrol Pendapatan


Sebagai seorang freelancer, kamu tidak perlu meminta kenaikan gaji atau insentif ke atasan karena kamu lah yang menentukan tarifmu sendiri. Semakin banyak kamu mengambil proyek atau pekerjaan, maka semakin banyak juga pendapatanmu.
Bahkan, sebagai freelancer kamu juga dapat meningkatkan tarif jasamu dari waktu ke waktu. Semakin banyak pekerjaan dan pengalaman yang kamu miliki, maka semakin besar reputasi yang kamu bangun.

Nah, itu dia beberapa kelebihan bekerja sebagai freelance yang bisa kamu coba. Freelancer tidak memiliki tempat kerja yang tetap atau nomaden dan membutuhkan koneksi internet yang lancar.

Baca juga: Plus Minus Kepemimpinan Karismatik yang Dipraktikkan Steve Jobs

Admin

Author Since: 27 June 2022

Leave Your Comment

id_ID