Mengenal 3 Jenis Tenaga Kerja

Freelancers
Mengenal 3 Jenis Tenaga Kerja

Mengenal 3 Jenis Tenaga Kerja


Secara umum, tenaga kerja adalah istilah yang disematkan kepada mereka yang sudah berada atau termasuk dalam kategori usia kerja. Berdasarkan UU No. 13 Tahun 2003 BAB I Pasal 1 Ayat 2 dituliskan bahwa tenaga kerja adalah “setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat”. Adapun beberapa jenis tenaga kerja yang akan dijelaskan pada artikel berikut.


Di Indonesia, batas usia untuk bekerja yaitu dimulai dari umur 15 tahun hingga 64 tahun. Beberapa pihak mengatakan bahwa usia layak untuk memasuki dunia kerja adalah 17 tahun. Meskipun begitu, dapat kita lihat betapa banyaknya anak-anak di bawah umur yang sudah bekerja demi memenuhi kebutuhan hidupnya.


Jika kita lihat dari segi kualitas, maka ada tiga golongan atau kategori pekerja sebagai berikut.

1. Tenaga Kerja Terdidik


Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang memiliki suatu keahlian atau kemahiran dalam bidang tertentu yang harus diperoleh dengan cara sekolah atau pendidikan formal. Contoh tenaga kerja terdidik adalah dokter, guru, pengacara, perawat, notaris dan lain-lain.

2. Tenaga Kerja Terlatih


Tenaga kerja terlatih adalah tenaga kerja yang memperoleh keahliannya umumnya melalui pendidikan non-formal seperti kursus, training dan sebagainya. Contoh tenaga kerja terlatih adalah mekanik, juru masak atau chef, tukang las bawah air dan lain-lain.

3. Tenaga Kerja Tidak Terdidik dan Tidak Terlatih


Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih yaitu tenaga kerja yang tidak perlu memiliki keahlian atau kewajiban tertentu untuk melakukan pekerjaannya. Contoh dari tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih adalah buruh panggul barang, asisten rumah tangga (ART) dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan kami mengenai jenis-jenis tenaga kerja, Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Mengelola Media Sosial yang Efektif untuk Bisnis Online

Admin

Author Since: 27 June 2022

Leave Your Comment

id_ID