Mengenal CV yang ATS-Friendly

Freelancers

Mengenal CV yang ATS-Friendly

Photo by João Ferrão on Unsplash

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan atau yang ingin mencari pekerjaan baru pasti sudah tidak asing lagi dengan CV atau ‘Curriculum Vitae’. Well, berbeda dengan portfolio, dokumen satu ini berisikan sebuah deskripsi pendek tentang diri, pencapaian yang telah dilakukan, serta relevansi pengalaman terhadap posisi pekerjaan yang dilamar.

Dikarenakan dunia semakin digital, biasanya para pencari kerja mengirimkan CV mereka melalui website atau platform khusus pencarian kerja. Nah, salah satu jenis ‘Curriculum Vitae’ yang paling universal dan dapat memudahkan para perekrut untuk seleksi calon karyawan adalah CV yang ATS-Friendly.

Pengertian ATS

ATS atau ‘Applicant Tracking System’ adalah suatu software yang digunakan dalam proses penyaringan atau seleksi calon karyawan. Setelah pelamar mengirim atau meng-upload CV mereka, sistem nanti akan segera memilih CV mana saja yang sesuai dengan persyaratan perusahaan. Setelah itu, baru lah CV akan dicek atau dilihat langsung oleh pelamar. 

Nah, CV jenis ini sangat memudahkan proses perekrutan karena sistem ini dapat mengenali dan memindai setiap dokumen pelamar. So, perusahaan yang sedang merekrut juga akan sangat terbantu apabila CV yang mereka terima itu dalam jumlah yang sangat besar.

Seperti Apa CV yang ATS-Friendly?

Well, karena tujuan dari ATS-Friendly adalah agar dokumen dapat terbaca oleh sistem sehingga dapat lanjut ke tahap perekrutan selanjutnya, maka ada beberapa standar atau ciri-ciri CV ATS-Friendly yang dapat kamu ikuti.

  1. Menggunakan Bahasa Inggris agar lebih memudahkan sistem untuk membaca CV tersebut
  2. Biasanya memiliki tidak lebih dari 2 halaman
  3. Menggunakan font tulisan yang standar seperti ‘Helvetica’, ‘Times New Roman’ atau font standar lainnya. Ukuran font juga biasanya tidak kurang dari 11
  4. Selalu ada kontak dan data diri seperti nama, alamat email, dan nomor telepon di atas CV
  5. Desain yang digunakan simpel dan biasanya hanya berwarna hitam dan putih

Baca Juga: 4 Tools Copywriting yang Harus Kamu Punya

Kapan Saja Harus Menggunakan CV ATS-Friendly?

Perusahaan biasanya menggunakan sistem ATS untuk penyeleksian calon karyawan dalam skala besar. So, kalau kamu ingin melamar di perusahaan besar atau populer, pastikan kamu membuat CV yang ATS-Friendly.

Tidak hanya untuk para calon karyawan saja, CV ATS-Friendly juga biasanya digunakan untuk para pencari beasiswa karena biasanya program beasiswa memiliki pelamar yang jumlahnya sangat banyak.

Nurul Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID