7 Pekerjaan Freelance Paling Banyak Dicari

Freelancers

Pekerjaan freelance dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menambah sumber penghasilan. Bahkan bagi beberapa orang, pekerjaan freelance menjadi sumber penghasilan utama karena memiliki upah yang lebih besar daripada bekerja kantoran. 

Buat kamu yang masih bingung menentukan bidang pekerjaan freelance, karena masih takut tidak ada klien yang menggunakan jasamu. 

Artikel ini akan membahas 7 pekerjaan freelance yang paling banyak dicari oleh klien. Kamu tidak usah takut perihal tidak ada orang yang akan menggunakan jasamu.

Yuk simak artikel ini sampai habis.

7 Pekerjaan Freelance Paling Banyak Dicari

1. Social media specialist 

Media sosial menjadi salah satu platform yang paling sering perusahaan gunakan untuk memasarkan produk sebuah brand. Media sosial menjadi tempat paling efektif dan mudah untuk meningkatkan brand awareness suatu produk. 

Bahkan untuk memasarkan suatu produk tidak memerlukan biaya iklan yang besar. Cukup dengan konten yang menarik dan channel yang tepat. Seperti penggunaan Tiktok yang dapat menjangkau banyak orang tanpa perlu menggunakan biaya iklan. Oleh sebab itu, muncullah pekerjaan social media specialist yang bertugas untuk menjadi admin, content planner, eksekusi konten, serta meningkatkan engagement pada akun tersebut. Skill yang perlu kamu kuasai tentu kamu harus update akan berita terkini serta creative thinking. 

2. KOL officer

KOL officer bertugas mencari seorang KOL atau Key Opinion Leader yang tepat untuk mempromosikan brand serta menjangkau orang-orang yang menjadi target market. Skill basic yang kamu butuhkan tentu skill komunikasi dan negosiasi. Bagaimana caranya kamu dapat mengkomunikasikan keinginan brand dan KOL menyampaikan keinginan kamu dengan baik. 

Menentukan KOL tentu tidak mudah. Banyaknya influencer di Indonesia tidak lantas semua influencer cocok dengan brand yang kamu punya. Penggunaan influencer yang sedang viral pun belum tentu berhasil menjangkau target audience yang tepat. 

3. SEO Specialist 

Bidang SEO pun sekarang dapat kamu lakukan secara freelance. Tugas seorang SEO specialist adalah mengoptimalisasi website dari segi konten, design, serta teknikalnya. Bagaimana website tersebut terindeks oleh google dan muncul di pencarian halaman pertama agar banyak orang yang mau berkunjung dan melakukan konversi. 

Basic skill yang harus kamu pahami adalah paham dasar pemrograman sebuah website, kreatif, serta menguasai materi terkait search engine optimization.

4. Media Monitoring 

Mengutip dari dari kazee, media monitoring adalah proses pemindaian informasi publik pada media cetak atau digital dengan mencari kata kunci pada topik tertentu. Pada salah satu perusahaan public relations di Indonesia, G-Communications, menerapkan layanan media monitoring yang dapat karyawan lakukan secara freelance. 

Media monitoring berguna bagi perusahaan besar dan lembaga pemerintah untuk menentukan target pasar serta melihat reaksi publik terhadap brand atau lembaga tersebut. Jika kamu memilih pekerjaan ini, sudah pasti kamu akan bekerja dengan beberapa perusahaan besar serta lembaga pemerintah.

5. Web Developer

Web developer berbeda dengan SEO specialist. Walaupun pekerjaannya sama sama berkaitan dengan website. Seorang web developer harus memahami bahasa pemrograman yang lebih rumit serta membuat website tersebut mudah untuk user gunakan. Jika terjadi kendala atau error dalam website, tugas seorang web developer juga untuk memperbaikinya. 

6. Graphic Designer

Pekerjaan freelance ini banyak sekali yang membutuhkan serta peminatnya pun banyak. Kebanyakan perusahaan besar maupun kecil membutuhkan seorang graphic designer untuk konten mereka. Skill yang harus kamu kuasai tentu saja penggunaan tools design seperti adobe photoshop. Serta memiliki sense of colors, di mana kamu harus mampu menggabungkan warna-warna yang cocok agar enak dilihat oleh konsumen. 

7. Video Editor

Banyaknya content creator di berbagai channel media sosial justru memunculkan pekerjaan baru yang diminati oleh orang-orang, yaitu menjadi seorang video editor. Skill yang harus kamu miliki tentu menguasai berbagai macam software untuk edit video. Serta memiliki sense of music di mana kamu bisa menyesuaikan backsound untuk sebuah video. 

Baca Juga: Suka Duka yang Sering Dihadapi Freelancer

Itulah 7 pekerjaan freelance yang paling banyak dicari. Apakah pekerjaanmu salah satunya? Atau kamu mau memulai karir sebagai freelancer? Daftar di sini. 

Rizqa Munadiyah

Author Since: 27 June 2022

Leave Your Comment

id_ID