Sales VS Marketing: Definisi dan Perbedaan Dasar

Freelancers
Sales VS Marketing: Definisi dan Perbedaan Dasar

Sales VS Marketing: Definisi dan Perbedaan Dasar

Sales dan marketing merupakan dua elemen penting dalam dunia bisnis yang saling melengkapi. Meskipun sering digunakan secara bergantian atau terkadang dianggap memiliki makna yang sama, namun keduanya sebenarnya memiliki perbedaan mendasar yang perlu kita pahami.

Dalam artikel ini, Rumah Freelancer sudah merangkum definisi dan perbedaan dasar dari sales dan marketing yang perlu kamu tahu. Let’s check them out, guys!

Definisi Sales dan Marketing

Sales

Secara sederhana, sales atau penjualan dalam bahasa Indonesia merupakan aktivitas atau proses yang berfokus pada penjualan produk atau layanan kepada pelanggan. Hal ini melibatkan upaya langsung dalam menjual produk, bernegosiasi harga, mempengaruhi keputusan pembelian, dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. 

Tim sales bertanggung jawab untuk mengidentifikasi peluang penjualan, menghubungi calon pembeli, menjawab pertanyaan, mengatasi masalah tentang penjualan, dan mencapai target penjualan yang sudah ditentukan. 

Dengan kata lain, sales bersifat taktis dan operasional dengan tujuan utama untuk meningkatkan penjualan dan meraih pendapatan dalam waktu yang relatif singkat.

Marketing

Sales Marketing
Image by our-team on Freepik

Berbeda dengan sales, marketing atau pemasaran dalam bahasa Indonesia adalah rangkaian strategi dan aktivitas yang bertujuan untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan menyampaikan nilai produk atau layanan kepada target pasar. 

Marketing berhubungan dengan pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan, riset pasar, perencanaan pemasaran, merancang pesan yang tepat, pengembangan brand, komunikasi, dan analisis pemasaran. Tim marketing pun bertugas untuk menciptakan brand awareness, membangun citra brand, memengaruhi persepsi dan sikap pelanggan, serta memastikan penawaran produk atau layanan sudah sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Berbeda dengan sales, marketing bersifat strategik dan jangka panjang dengan tujuan untuk mencapai pertumbuhan bisnis, memperluas pasar, serta membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Perbedaan Sales dan Marketing

Sales Marketing
Image by our-team on Freepik

1. Perbedaan Fokus

Sales: Fokus utama dari tim sales adalah penjualan langsung produk atau layanan kepada pelanggan. Mereka akan berusaha untuk menghasilkan pendapatan dan mencapai target penjualan yang sudah perusahaan tetapkan. Mak dari itu, sales lebih fokus pada transaksi dan hasil yang cepat.

Marketing: Tidak seperti tim sales, tim marketing lebih fokus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, mengembangkan strategi pemasaran, membangun merek, dan menciptakan kesadaran produk. Marketing juga berperan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, meningkatkan pemahaman tentang target pasar, dan memengaruhi persepsi serta sikap pelanggan terhadap brand atau produk.

2. Perbedaan Pendekatan

Sales: Tim sales menggunakan pendekatan taktis dalam melakukan penjualan. Mereka biasanya terlibat dalam aktivitas seperti negosiasi harga, presentasi produk, dan menangani keluhan pelanggan. Sales fokus pada interaksi langsung dengan calon pembeli agar mereka mau membeli produk atau jasa.

Marketing: Di sisi lain, tim marketing menggunakan pendekatan yang lebih strategis dalam merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran. Sebelumnya, mereka akan melakukan riset pasar, analisis kompetitor, pengembangan pesan, dan merancang strategi untuk menyebarkan pesan kepada target pasar.

3. Perbedaan Waktu

Sales: Sales berorientasi pada hasil yang segera. Tim sales bekerja untuk mencapai target penjualan dalam jangka waktu yang relatif singkat. Mereka akan mengejar transaksi dan penjualan produk dalam suatu periode tertentu.

Marketing: Berbeda dengan tim sales, tim marketing memiliki orientasi pada jangka panjang. Tujuan marketing adalah mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

4. Perbedaan Hubungan dengan Pelanggan

Sales: Tim sales berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli, menjawab pertanyaan, memberikan informasi produk, dan membantu menangani keluhan pelanggan. Sales berfokus pada transaksi individual dan membangun hubungan dengan pelanggan dalam jangka pendek.

Marketing: Tim marketing bertanggung jawab untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Mereka menggunakan strategi marketing yang melibatkan komunikasi massa, kampanye iklan, dan media sosial.

Meskipun sales dan marketing memiliki perbedaan dalam beberapa aspek, namun keduanya tetap saling terkait dan mendukung demi mencapai tujuan bisnis. 

Sales bertindak sebagai eksekutor strategi pemasaran dengan menjual produk kepada pelanggan, sedangkan marketing memberikan landasan strategis yang melibatkan upaya untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan serta memengaruhi persepsi mereka terhadap brand atau produk.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah lebih tertarik dengan sales atau marketing?

Baca Juga: 6 Tips Efektif Terhindar Dari Miskomunikasi

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID