Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Jadi Freelancer!

Freelancers
Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Jadi Freelancer!

Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Jadi Freelancer!

Bekerja sebagai freelancer kini menjadi pilihan yang sangat digemari oleh banyak orang, khususnya generasi muda yang lebih suka bekerja secara fleksibel.

Tak jarang juga kita temukan karyawan full-time yang mengambil pekerjaan sampingan sebagai freelancer untuk menambah penghasilan.

Meskipun terkesan fleksibel dan dapat dilakukan oleh siapapun, freelancer juga memiliki tanggung jawab yang tidak kalah besar dengan karyawan pada umumnya. Tidak hanya itu, freelancers juga harus siap menghadapi berbagai tantangan dalam mencari pekerjaan, proyek atau klien.

Jika kamu tertarik bekerja sebagai freelancers, pastikan kamu siapkan enam hal di bawah ini ya!

1. Siap Manajemen Waktu

Hal pertama yang kamu persiapkan adalah kemampuan untuk mengatur waktu. Pekerjaan yang fleksibel terkadang menggoda kita untuk bermalas-malasan dan mager. Pada akhirnya, pekerjaan tertunda dan bahkan, tidak dapat diselesaikan tepat waktu.

Kepuasan klien dapat menjadi referensi yang bagus untuk freelancers. Maka dari itu, jangan sampai ketidakmampuan kita mengatur waktu malah membuat performa kita turun. 

2. Siap Mengatur Keuangan

Seperti yang kita, penghasilan freelancer itu tidak menentu setiap bulannya. Berbeda dengan karyawan kantoran yang gajinya selalu sama setiap bulan, ada saatnya freelancers tidak mendapatkan penghasilan sesuai ekspektasi.

Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan diri dengan belajar mengatur keuangan. Bedakan mana hal yang benar-benar dibutuhkan dengan hal yang hanya menjadi keinginan sesaat saja.

Selain itu, penting juga bagi seorang freelancer untuk memiliki dana darurat jika sewaktu-waktu ada keperluan mendesak.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Freelancers

3. Siap Membangun Network

Membangun network adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap freelancer. Menurut Kumparan, membangun personal branding juga sangat penting untuk freelancers, terutama bagi para pemula.

Jalin hubungan yang baik juga dengan para klien karena bisa jadi mereka akan kembali menggunakan jasamu. Dengan membangun network, kita juga sudah secara aktif mencari klien baru.

4. Siapkan Motivasi yang Besar

Ada saat di mana freelancer gagal mendapatkan klien atau mendapatkan kritik karena hasil kerjanya. Ada saatnya juga mereka tidak semangat untuk bekerja.

Penghasilan yang freelancer dapatkan itu tergantung dari seberapa banyak pekerjaan atau proyek yang ia ambil. Maka dari itu, kamu harus siap untuk memiliki motivasi besar dalam bekerja dan mencari klien.

Buang jauh-jauh rasa malas dan rasa ingin menunda pekerjaan, ya!

5. Siapkan Sumber Daya Penunjang

Freelancer
Image by DCStudio on Freepik

Nah, last but not least adalah kamu harus mempersiapkan segala sumber daya penunjang pekerjaan. Hal paling dasar yang harus kamu miliki adalah laptop karena hampir semua pekerjaan freelance membutuhkan laptop. 

Jika kamu seorang desainer grafis, maka kamu harus memiliki berbagai software pendukung. Begitu juga jika kamu seorang fotografer atau videografer, maka kamu harus memiliki kamera dan alat penunjang lainnya.

Tidak hanya alat penunjang, kamu juga harus memiliki keahlian yang sangat baik dalam bidang yang kamu geluti. Jangan ragu untuk mengambil kelas atau kursus agar kamu bisa semakin jago lagi.

Jika kamu bingung mau mulai dari mana, yuk daftar jadi freelancer di Rumah Freelancer!

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID