Mau Jadi Videografer? Pastikan Punya 6 Skill Ini!

Freelancers
Mau Jadi Videografer? Pastikan Punya 6 Skill Ini!

Mau Jadi Videografer? Pastikan Punya 6 Skill Ini!

Videografer
Image by storyset on Freepik

Videografer merupakan profesi yang semakin berkembang pesat dalam industri kreatif saat ini. Seiring dengan kepopuleran berbagai platform media sosial, permintaan akan konten video pun juga semakin meningkat.

Baik sebagai pekerja full-time atau freelancer, videografer merupakan profesi yang penting dan dibutuhkan untuk berbagai tujuan, seperti marketing, periklanan, hiburan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Videografer?

skill Videografer
Image by Freepik

Seorang videografer adalah seseorang yang menghasilkan video atau film dengan menggunakan kamera dan peralatan produksi video lainnya. Secara garis besar, mereka bertanggung jawab untuk menciptakan karya visual yang memukau dan menarik perhatian, serta sesuai dengan keinginan klien.

Tidak hanya itu, berikut adalah tugas dan tanggung jawab seorang videografer secara detail!

  • Dalam pra-produksi, mereka harus merencanakan dan menyiapkan konsep, storyboard, lokasi pengambilan video, serta peralatan lain yang diperlukan. Mereka juga akan bekerja sama dengan klien selama proses perencanaan ini.
  • Dalam produksi video, mereka bertanggung jawab dalam pengoperasian kamera, memastikan pengambilan video sudah baik, termasuk berkomunikasi dengan para kru lain.
  • Dalam pasca produksi, mereka bertanggung jawab dalam mengubah rekaman mentah menjadi produk akhir yang sesuai, serta memastikan hasilnya tersebut memenuhi harapan klien.

6 Skill yang Harus Dimiliki Videografer

skill Videografer
Image by DCStudio on Freepik

Untuk menjadi videografer yang sukses, maka kamu harus memiliki keterampilan dalam hal teknis dan kreatif. Berikut adalah beberapa skill videografer yang harus kamu tahu:

1. Pengoperasian Peralatan Produksi Video

Keterampilan penting pertama yaitu mahir dalam mengoperasikan berbagai jenis kamera dan memahami cara menggunakan berbagai lensa dan aksesoris lain untuk menangkap berbagai shots. 

Videografer juga juga harus paham dengan teknik pencahayaan untuk menciptakan suasana dan efek yang berbeda, serta penggunaan mikrofon dan perlengkapan suara lainnya untuk memastikan audionya memiliki kualitas tinggi.

2. Editing Software

Pengeditan video merupakan bagian penting dari proses produksi video. So, para videografer harus memiliki pengetahuan tentang berbagai editing softwares seperti Adobe Premiere Pro atau Final Cut Pro.

Tidak hanya itu, mereka juga harus memahami cara mengatur footage, menggunakan alat pengeditan, menambahkan transisi, efek khusus, dan audio untuk membuat produk akhir yang sempurna.

3. Storytelling

Seorang videografer juga harus memiliki kemampuan untuk menceritakan sebuah cerita secara visual. Mereka harus mampu berpikir kreatif dan mengembangkan konsep yang dapat memikat audiens. Sebagai tambahan, mereka juga harus memahami cara menyusun cerita dan menyampaikan emosi dan pesan secara efektif secara visual.

4. Komunikasi

Tidak hanya skill teknis, videografer juga harus memiliki berbagai soft skill seperti komunikasi. Hal ini dikarenakan mereka harus dapat berkomunikasi secara baik dengan klien, anggota kru, dan pihak lain yang terlibat. 

Mereka juga harus dapat mendengarkan dan memahami kebutuhan dan harapan klien, serta memberikan feedback atau saran untuk memastikan bahwa produk akhir memenuhi harapan tersebut.

5. Time Management

Selain skill komunikasi yang baik, skill manajemen waktu atau time management juga perlu loh! Orang dengan profesi satu ini harus dapat menyusun dan mengikuti jadwal, memprioritaskan tugas, serta bekerja secara efisien sehingga dapat memenuhi waktu deadline.

6. “Attention to Detail”

Last but not least, kamu harus memiliki kemampuan “attention to detail” yang baik jika ingin menjadi seorang videographer. Mereka harus memastikan semua aspek proses produksi video, mulai dari pengambilan gambar hingga pengeditan, telah dijalankan dengan standar yang tinggi. 

Jika ada beberapa hal yang kurang, mereka harus mengidentifikasi dan memperbaiki masalah secara cepat. Beberapa masalah yang sering muncul seperti fokus atau eksposur kamera, serta gangguan dalam audio atau visual.

Baca Juga: 6 Cara Agar Feed Instagram Lebih Aesthetic

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID