Time Blocking: Teknik Pengaturan Waktu untuk Freelancer

Freelancers
Time Blocking: Teknik Pengaturan Waktu untuk Freelancer

Time Blocking: Teknik Pengaturan Waktu untuk Freelancer

Time blocking adalah suatu teknik atau metode pengaturan waktu di mana kamu membagi waktu menjadi blok-blok yang jelas dan terjadwal untuk melakukan pekerjaan atau kegiatan tertentu. Teknik satu ini cukup populer di kalangan pelajar atau pekerja.

Selain itu, teknik ini juga sangat cocok untuk kamu para freelancer yang memiliki banyak pekerjaan dan sulit untuk membagi waktu. Cari tahu cara kerja dan manfaat time blocking di artikel ini, ya!

Bagaimana Cara Kerja Time Blocking?

Time Blocking
Image by Freepik

Biasanya, kita membuat jadwal kerja harian dengan membagi-baginya ke dalam daftar panjang. Misalnya, pukul 8 sampai 9 pagi kita akan mengerjakan draft untuk pekerjaan A, kemudian pukul 9 sampai 10 kita akan mengecek email, dan seterusnya.

Dengan time blocking, kamu akan membagi satu hari ke dalam beberapa blok waktu. Setiap blok tersebut akan kamu dedikasikan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Kunci keberhasilan teknik ini adalah kamu harus bisa memilih tugas mana yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu atau yang membutuhkan waktu paling lama.

Berikut adalah contoh jadwal kerja dengan teknik time blocking:

Ketika kamu sudah membagi-bagi hari kamu ke dalam kelompok waktu seperti di atas, maka kamu akan menjadi semakin fokus. Jika kamu tiba-tiba harus mengerjakan pekerjaan di luar apa yang harus dikerjakan dalam blok waktu tersebut, maka kamu tinggal melanjutkan pekerjaan sesuai blok tersebut.

Tips Melakukan Time Blocking

Produktivitas
Image by Freepik

Jika kamu tertarik melakukan time blocking, ada beberapa tips yang harus kamu lakukan yaitu:

Buat Daftar Prioritas

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar pekerjaan berdasarkan urgensinya. Misalnya, pekerjaan A memiliki deadline yang lebih cepat dibandingkan dengan yang lainnya. Maka dari itu, pekerjaan A harus lebih kamu prioritaskan dibandingkan dengan yang lainnya.

Membuat daftar seperti ini sangat penting karena akan membantu kamu menyusun jadwal dan langkah yang tepat.

Selesaikan Tugas yang Penting dan Berat Dahulu

Ketika melakukan time blocking, buatlah blok waktu untuk pekerjaan yang lebih berat dan penting terlebih dahulu. Jika biasanya kamu lebih produktif di pagi hari, maka kamu bisa menaruh blok waktu untuk pekerjaan penting di waktu pagi.

Cara ini akan membuat kamu untuk fokus menyelesaikan tugas tersebut dan kamu pun punya banyak waktu untuk menyelesaikannya.

Sisihkan Waktu untuk Tugas Kecil

Membalas email, mengecek pesan di media sosial, dan lain sebagainya merupakan contoh dari tugas-tugas kecil. Agar kamu tidak terganggu saat mengerjakan pekerjaan berat, maka lebih baik menyisihkan sedikit waktu dari jadwal kerja harian kamu untuk menyelesaikan pekerjaan kecil.

Buat Waktu untuk Istirahat

Salah satu hal penting tidak boleh kamu lupakan saat melakukan time blocking adalah membuat waktu untuk istirahat. Kurang istirahat malah akan menurunkan produktivitas kamu karena kamu merasa kelelahan atau jenuh. Selain itu, kamu juga bisa lebih cepat terganggu dengan hal-hal kecil.

Jika kamu ingin tetap aktif saat istirahat, kamu bisa berjalan-jalan di ruang kerjamu untuk meregangkan otot.

Evaluasi

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi setiap kamu selesai bekerja. Lihat tugas apa saja yang belum selesai di hari tersebut. Selanjutnya, kamu bisa membuat blok waktu khusus untuk pekerjaan-pekerjaan yang belum selesai.

Baca Juga: Interpreter: Definisi, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Manfaat Menggunakan Teknik Time Blocking

1. Meningkatkan Produktivitas

Dengan mengalokasikan waktu yang jelas untuk berbagai tugas, kamu dapat lebih cepat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kamu. Hal ini tentunya meningkatkan produktivitas, khususnya bagi freelancer yang biasanya harus menyelesaikan beberapa tugas di waktu yang bersamaan.

2. Manajemen Waktu yang Lebih Baik

Time blocking juga membantu kamu para freelancer untuk mengelola waktu dengan lebih baik. Kamu akan lebih paham tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan tertentu.

Hal ini akan membantu kamu terhindar dari penggunaan waktu yang kurang efektif.

3. Meningkatkan Fokus

Ketika kamu sudah punya blok waktu yang jelas untuk setiap pekerjaan, maka kamu akan lebih fokus untuk menyelesaikannya. Selain itu, time blocking akan membuat kamu semakin termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga kamu tidak gampang terganggu.

4. Prioritas Pekerjaan Lebih Jelas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teknik time blocking mengharuskan kamu untuk mengetahui pekerjaan mana yang harus lebih diprioritaskan dibandingkan dengan yang lainnya. Hal ini tentunya akan menghindarkan freelancer kebingungan tentang tugas apa yang harus diselesaikan selanjutnya. 

5. Menghindari Rasa Jenuh

Time blocking juga memungkinkan freelancer untuk mengatur waktu istirahat atau waktu luang di antara blok-blok pekerjaan yang sudah dibuat. 

Hal ini penting dilakukan demi menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, serta mencegah kelelahan dan kejenuhan yang dapat mempengaruhi kualitas kerja dan produktivitas.

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID