Tips dan Trik Wawancara Kerja untuk Pemula

Freelancers
Tips dan Trik Wawancara Kerja untuk Pemula

Tips dan Trik Wawancara Kerja untuk Pemula

Wawancara kerja bisa terasa menegangkan atau bahkan menyeramkan, khususnya untuk para pencari kerja baru. Kita memang tidak bisa menganggap bahwa wawancara di setiap kantor atau perusahaan itu sama. Meskipun begitu, ada tips dan trik wawancara kerja yang dapat kamu lakukan saat wawancara kerja pertama mu.

©pexel.com

1. Tepat Waktu

First impression matters. Pastikan kamu sudah tahu dengan jelas waktu wawancara kerja. Jika lokasi wawancara jauh, maka lebih baik pergi ke lokasi lebih awal. Telat wawancara kerja dapat menjadi hal yang fatal karena memberikan kesan yang buruk pada pihak perekrut.

2. Perhatikan Cara Pakaian

Berpakaianlah yang sopan dan rapi saat wawancara kerja. Jangan menggunakan sendal atau baju yang terlalu casual seperti kaus. Saat kamu berpakaian rapi, maka kamu telah memberikan kesan yang baik.

3. Ketahui Detail Wawancara Kerja

Lokasi kantor/perusahaan, orang yang akan ditemui dan siapa yang mengundang wawancara merupakan detail penting yang sudah harus kamu tahu sebelum melakukan wawancara kerja. Jadi ketika sudah sampai di tempat, kamu tidak bingung ingin bertemu dengan siapa dan di mana.

4. Siapkan Dokumen Penting

Buat daftar dokumen-dokumen penting yang harus kamu bawa sebelum wawancara kerja dan pastikan kamu sudah menyiapkan semuanya. Selain dokumen, penting juga untuk membawa alat tulis seperti buku kecil dan pulpen untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan.

5. Pelajari Perusahaan Tujuan

Pastikan kamu sudah mempelajari mengenai perusahaan atau industry di mana perusahaan itu berada. Selain menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan pekerjaan yang kamu inginkan, kamu juga akan membuat perekrut terkesan dengan wawasanmu itu.

6. Riset Gaji

Jika mendapatkan pertanyaan mengenai ekspektasi gaji, maka kamu harus berhati-hati agar tidak menjawab angka yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Lebih baik cari informasi dan lakukan riset terkait gaji posisi yang kamu inginkan. Jika sebelumnya kamu memiliki pengalaman di posisi yang sama, kamu dapat membuatnya menjadi patokan.

7. Berikan Pertanyaan yang Menarik

Usahakan untuk mengajukan pertanyaan saat kamu dipersilakan untuk bertanya. Kamu bisa mengajukan pertanyaan tentang suasana kantor, budaya perusahaan atau bahkan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Memberikan pertanyaan dapat menjadi nilai plus dan memberikan kesan yang baik kepada perekrut.

Gimana?Apakah kamu sudah siap menjajal wawancara kerja lainnya setelah membaca tips dan trik wawancara kerja di atas? Yuk, semangat!

Baca juga: 5 Tips Mengisi Waktu Luang di Rumah Selama Pandemi

Admin

Author Since: 27 June 2022

1 Comment

Leave Your Comment

id_ID