Virtual Assistant: Profesi Unik di Era Digital

Freelancers
Virtual Assistant: Profesi Unik di Era Digital

Virtual Assistant: Profesi Unik di Era Digital

Virtual Assistant
Image by pressfoto on Freepik

Seiring berkembangnya dunia digital, ada berbagai macam jenis profesi baru yang muncul. Salah satu dari profesi tersebut adalah virtual assistant.

Teknologi dan internet memungkinkan kita bekerja secara remote atau jarak jauh. Maka dari itu, virtual assistant bisa menjadi pekerjaan yang cukup populer dan banyak dicari saat ini.

Apa Itu Virtual Assistant?

Dilansir dari Glints, virtual assistant atau VA adalah seseorang yang memberikan layanan administratif dan dukungan bisnis kepada perusahaan dari jarak jauh atau remote.

Sebenarnya, profesi satu ini mirip dengan profesi asisten pada umumnya. Yang membedakan adalah asisten biasa harus bekerja secara on-site.

Banyak sekali perusahaan atau bisnis yang mencari pekerjaan satu ini. Mengapa? Karena pekerjaan ini tidak memerlukan ruangan khusus seperti asisten pada umumnya. Nah, perusahaan atau bisnis tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat ruangan.

Sebagai orang yang bekerja menjadi VA memang berstatus full time, namun sebagian yang lain berstatus freelance. Maka dari itu, tak jarang kita melihat seorang virtual assistent yang bekerja untuk beberapa orang atau perusahaan sekaligus.

Apa Saja Tugas Virtual Assistant?

Virtual Assistant
Image by Freepik

Pada dasarnya, tugas utama seorang virtual assistent adalah mengerjakan tugas administratif yang dibutuhkan oleh klien atau perusahaan.

Meskipun begitu, semuanya kembali lagi pada kebutuhan masing-masing. Berikut ada beberapa tugas yang umumnya menjadi tanggung jawab virtual asisstant:

1. Mengatur Jadwal

Sama seperti asisten pada umumnya, pekerjaan utama virtual assistant meliputi pengaturan jadwal, seperti jadwal meeting, agenda harian, jadwal kerja atau liburan, serta jadwal bertemu dengan klien.

VA bisa memanfaatkan tool seperti Google Calendar atau yang lainnya untuk mengatur jadwal dengan baik.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Freelance Paling Unik di Dunia

2. Mengelola Email dan Panggilan Telepon

Tugas virtual assistant yang lain adalah mengelola email dan panggilan telepon. Biasanya tugas ini sering diberikan oleh klien yang sibuk. Ketika ada orang lain yang membantu klien tersebut mengelola email dan panggilan telepon, maka si klien dapat tetap fokus mengerjakan pekerjaan tanpa harus terganggu.

3. Menginput Data

Menginput data adalah tugas virtual assistant yang selanjutnya. VA biasanya harus bisa melakukan proses pengumpulan, penginputan, dan penyortiran data. Bahkan, tak jarang juga VA ikut membantu dalam penyusunan laporan berdasarkan data yang sudah di-input.

4. Mengelola Media Sosial

Media sosial telah menjadi suatu kebutuhan di era digital ini. Perusahaan, bisnis, maupun individu menggunakan media sosial untuk berbagai tujuan, seperti branding, pemasaran, dan lain-lain.

Maka dari itu, VA juga biasanya bertugas untuk mengelola media sosial milik klien. Misalnya, membuat postingan atau kabar terbaru, berinteraksi dengan pengguna media sosial lain, mengunggah foto kegiatan klien, dan lain-lain.

5. Melayani Pelanggan

Perusahaan atau individu yang bergerak di bidang produk atau jasa pasti membutuhkan VA untuk melayani pelanggan seperti halnya customer service.

Biasanya, para pelanggan akan diarahkan untuk berkonsultasi dengan VA sebelum dialihkan ke customer service. Nah, tugas satu ini akan sangat membantu perusahaan untuk menangani para pelanggannya.

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID