Work from Cafe: 5 Tips Sukses untuk Freelancer

Freelancers
Work from Cafe: 5 Tips Sukses untuk Freelancer

Work from Cafe: 5 Tips Sukses untuk Freelancer

Semakin hari semakin banyak freelancer yang memilih untuk bekerja dari berbagai tempat di luar kantor, salah satunya yaitu kafe. Bekerja dari kafe, atau juga dikenal dengan istilah “work from cafe”, telah menjadi tren populer di kalangan freelancer.

Selain menawarkan lebih banyak fleksibilitas, bekerja dari kafe juga dapat memberikan suasana yang menyenangkan dan memicu kraktivitas. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar pengalaman kerjamu efektif dan sukses.

Dalam artikel ini, Rumah Freelancer sudah merangkum semua tips sukses bekerja dari kafe untuk freelancer. Let’s check these out!

Apa itu Work from Cafe?

Work from Cafe adalah istilah yang mengacu pada kegiatan bekerja di luar kantor, terutama di kafe atau kedai kopi. Gaya bekerja ini banyak digandrungi oleh freelancer karena menawarkan lingkungan kerja yang lebih santai dan nyaman.

Tidak hanya itu, kafe biasanya juga menyediakan fasilitas Wi-Fi gratis yang sangat membantu freelancer. Mereka juga dapat berkesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru yang mungkin bisa menjadi mitra kerja atau calon klien.

Mengapa Work from Cafe Cocok untuk Freelancer?

Tips Freelancer
Image by Freepik

Fleksibilitas dan Kebebasan

Work from Cafe memberikan fleksibilitas yang tinggi bagi para freelancer. Mereka dapat memilih waktu dan tempat kerja sesuai dengan preferensi pribadi. Kafe juga menyediakan suasana yang berbeda dari kantor sehingga mereka tidak cepat jenuh.

Inspirasi dan Kreativitas

Lingkungan yang ramai dengan aktivitas pengunjung, serta aroma kopi yang harum dapat membantu freelancer merasa terinspirasi dan lebih fokus dalam pekerjaan mereka. Tidak hanya itu, suasana seperti ini pun juga dapat memunculkan ide-ide kreatif.

Interaksi Sosial

Sebagai freelancer, bekerja sendirian terkadang membuat kita merasa kesepian. Nah, dengan work from cafe, freelancer memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang baru, termasuk staf kafe dan pengunjung lainnya. Hal ini dapat meningkatkan rasa sosial sekaligus mengurangi rasa isolasi.

Fasilitas

Ada banyak kafe yang menyediakan fasilitas khusus untuk bekerja, seperti akses Wi-Fi yang stabil, stopkontak di setiap meja, dan area kerja yang nyaman. Freelancer dapat memanfaatkan fasilitas ini tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Selain itu, kafe juga menyajikan berbagai makanan dan minuman sehingga freelancer dapat menikmatinya sambil bekerja. Hal ini tentunya meningkatkan kenyamanan dan kualitas pengalaman kerja mereka.

Perubahan Lingkungan

Work from cafe juga memungkinkan perubahan lingkungan yang segar dan menghindari rutinitas yang monoton. Lingkungan baru dapat membantu menghidupkan kembali semangat dan motivasi sehingga meningkatkan produktivitas kerja.

Tips Sukses Work from Cafe untuk Freelancer

Work from Cafe
Image by benzoix on Freepik

Bekerja dari kafe memang menyenangkan dan bisa meningkatkan produktivitas, namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mulai bekerja di kafe:

1. Pilih Kafe yang Tepat

Saat memilih kafe, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor. Pertama, pastikan kafe tersebut memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat. Kedua, perhatikan suasana kafe dan pastikan lingkungan tersebut cocok dengan gaya kerja dan preferensi pribadi kamu. 

Beberapa kafe mungkin lebih ramai dan berisik, sementara yang lain lebih tenang dan menyediakan ruang kerja yang lebih terpisah.

2. Lakukan Pengaturan Waktu

Sebelum work from cafe, buatlah jadwal kerja yang terperinci dan tetapkan target yang ingin kamu capai. Dengan begini, kamu dapat memaksimalkan produktivitas saat bekerja di kafe. Atur waktu kerja kamu dan jangan lupa sisihkan waktu untuk istirahat.

3. Bawa Perlengkapan yang Diperlukan

Pastikan kamu sudah membawa semua perlengkapan yang diperlukan untuk bekerja di kafe. Misalnya, laptop, charger, atau peralatan tulis seperti pulpen dan buku catatan. Jika kamu menggunakan headphone untuk mengurangi kebisingan, jangan lupa membawanya juga. Membawa semua perlengkapan akan membuat kamu lebih siap untuk bekerja.

4. Cari Tempat yang Nyaman

Kunci sukses lain dari work from cafe adalah mencari posisi yang nyaman untuk bekerja. Pilih tempat duduk yang ergonomis, seperti kursi dengan bantalan punggung yang baik. Pastikan meja yang kamu pilih memiliki ruang yang cukup untuk laptop dan perlengkapan lainnya.

5. Hindari Gangguan

Di lingkungan kafe yang ramai, bisa sulit untuk tetap fokus pada pekerjaan. Gunakan teknik manajemen waktu, seperti teknik Pomodoro, untuk membantu kamu fokus dan memanfaatkan waktu dengan baik. Selain itu, cobalah untuk menghindari gangguan dari orang lain atau perangkat elektronik yang tidak perlu.

Work from Cafe adalah cara bekerja yang tepat untuk para freelancer yang cepat merasa bosan atau membutuhkan ide-ide kreatif. Agar pengalaman bekerja kamu semakin efektif, jangan lupa terapkan tips-tips di atas! Selamat bekerja dengan fleksibel dan menyenangkan ya, guys!

Baca Juga: Time Blocking: Teknik Pengaturan Waktu untuk Freelancer

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID