Work-Life Balance: Gaya Hidup Tepat untuk Freelance

Freelancers
Work-Life Balance: Gaya Hidup Tepat untuk Freelance

Work-Life Balance: Gaya Hidup Tepat untuk Freelance

“Work-Life Balance” merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan gaya hidup di mana seseorang dapat membagi dan mengatur kehidupan personal dan kerja dengan baik. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi konflik antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Menurut Glints, orang-orang yang menganut gaya hidup work-life balance biasanya lebih produktif karena kondisi tersebut cukup mendukung dan meningkatkan kepuasan dalam melakukan pekerjaan.

Mengapa Work-Life Balance Penting untuk Freelancers?

Banyak dari freelancers yang belum bisa membagi waktu dengan baik. Fleksibilitas dalam memilih pekerjaan dimanfaatkan oleh freelancers untuk mengambil pekerjaan atau proyek sebanyak-banyaknya di satu waktu. 

Deadline yang menumpuk pada akhirnya memaksa freelancers untuk begadang dan bekerja tanpa istirahat. Kondisi tersebut bisa membuat kesehatan kita menurut, baik fisik maupun mental. Maka dari itu, freelancers harus mulai mengadopsi gaya hidup work-life balance.

5 Cara Mencapai Work-Life Balance

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai atau mempertahankan gaya hidup work-life balance. Berikut adalah cara-caranya!

1. Membuat Batasan

Tips pertama adalah membuat batasan. Batasan ini merujuk pada bagaimana kamu harus bisa membuat batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Kenali kemampuan dirimu sendiri dan jangan memaksakan diri.

Jangan mengambil terlalu banyak pekerjaan di satu waktu apabila sudah di luar kemampuanmu. Tidak hanya itu, menurut Mental Health, mengurangi sikap perfeksionis juga bisa membantu mencapai work-life balance.

2. Jangan Menunda Pekerjaan

Pasti akan ada waktu di mana kita merasa malas mengejarkan pekerjaan ketika tahu bahwa kita masih punya banyak waktu. Hal tersebut haruslah kita hindari. Menunda-nunda pekerjaan hanya akan membuat kita lelah nantinya.

Yang harus kamu lakukan adalah membuat jadwal dan melihat pekerjaan mana saja yang menjadi prioritas sehingga harus kamu selesaikan terlebih dahulu. Dengan begini, maka kamu akan termotivasi untuk terus bekerja tanpa membuang-buang waktu.

3. Berolahraga

Olahraga merupakan hal penting yang sering kita lupakan ketika kita sibuk. Well, salah satu cara mencapai gaya hidup seimbang adalah dengan melakukan self-care. Salah satu self-care yang tidak boleh dilupakan adalah olahraga.

Luangkan 30 menit hingga satu jam untuk berolahraga ringan. Hal ini dapat membuat kamu semakin berenergi dan produktif. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidurmu jadi kamu tidak merasa lelah saat bangun tidur.

4. Quality Time

Work-Life Balance
Image by storyset on Freepik

Quality-time atau waktu berkualitas adalah cara kamu mengapresiasikan dirimu sendiri. Jangan sampai kamu lupa menikmati quality-time dan bekerja hingga lupa waktu. Kamu bisa menyisihkan waktu untuk melakukan hobi seperti membaca, menonton film, dan lain-lain.

5. Tingkatkan Hubungan dengan Orang-orang Dekat

Cara terakhir untuk mencapai work-life balance adalah habiskan waktu dengan orang-orang terdekatmu, baik sahabat maupun keluarga. Menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat dapat meningkatkan hubungan dan membuat kita lebih bahagia.

Nurul Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID