Yuk Belajar Hidup Sukses dari Bob Sadino!

Freelancers
Yuk Belajar Hidup Sukses dari Bob Sadino!

Yuk Belajar Hidup Sukses dari Bob Sadino!


Siapa yang tak kenal dengan Bob Sadino? Pria yang memiliki nama asli Bambang Mustari Sadino ini adalah salah satu pengusaha ternama di Indonesia.


Menjadi pengusaha itu diputuskan oleh Bob Sadino dengan tidak berbekal keilmuwan usaha atau bisnis. Merasa stress dan mendapatkan tekanan dari atasan yang menyiksa hatinya membuat Bob memutuskan untuk meninggalkan perusahaan pelayaran tempatnya bekerja, padahal saat itu Bob sudah memiliki gaji yang terbilang baik sebagai karyawan.


Usaha pertama Bob dimulai dari berprofesi sebagai sopir taksi. Mobil mercy hasil jeri payahnya selama bekerja di perusahaan pun disulap menjadi taksi. Hal ini dilakukannya karena Bob belum tahu mau mencari uang dengan cara apa.


Namun, setelah setahun menjalankan usaha taksi, terjadi kecelakaan yang membuat mobilnya tidak dapat beroperasi lagi. Tekanan pun kembali dirasakan oleh Bob. Di satu sisi, ia harus menghidupi keluarganya, namun di sisi lain, Bob merasa tidak punya keahlian lain yang dapat dijadikannya sebagai penopang hidup.


Tidak ingin istrinya kembali bekerja, Bob bersikeras untuk terus berusaha memenuhi kebutuhan keluarga. Keinginan kuat ini pun membuat Bob beralih profesi menjadi kuli bangunan. Bob bekerja dari satu gedung ke gedung lainnya. Ia mengemban profesi ini selama satu tahun.


Hingga pada akhirnya di satu titik dalam hidupnya, Bob menemukan ilham dari sebuah telur. Saat itu telur ayam negeri yang tersedia dalam lemari pendingin kita belum familiar karena masyarakat masih menggunakan teluar ayam kampung.


Berkat pengalamannya keliling dunia, Bob pun meminta temannya yang di luar negeri untuk mengirimkan beberapa pitik ayam dari Belanda atau dikenal sebagai ayam broiler serta majalah-majalah cara ternaknya. Bob memutuskan untuk menjadi peternak ayam. Ia memulai dengan menjual telur-telur hasil ternak secara eceran. Bob dan istrinya berpencar menjual hasil ternaknya ke para tetangga. Tidak semua orang yang ditawarkan mau karena telur ayam negeri belum populer pada saat itu.


Bagi Bob, ayam memberikan pelajaran hidup yang sangat berharga. Jika ayam yang hanya diberi paruh dan kaku saja bisa hidup dan mencari makan sendiri, mengapa manusia tidak bisa?
Dalam waktu singkat, Bob pun menjadi orang pertama yang menguasai hal-hal tentang ayam broiler. Bob menjadi orang yang memperkenalkan telur ayam dan daging ayam broiler, sayur-mayur segar seperti brokoli, paprika dan jagung manis. Selain itu, ia juga yang memperkenalkan teknologi tanaman hidroponik.


Dengan tekad dan keuletannya dalam berwirausaha, Bob berhasil membuka supermarket pada tahun 1970. Sejak saat itu, Kem Chiks berdiri kokoh di daerah Kemang, Jakarta Selatan.
Pada tanggal 19 Januari 2015, Bobo Sadino menghembuskan nafas terakhirnya. Semangat dan keinginan Bob yang kuat pun menjadi motivasi bagi mereka yang ingin mewujudkan cita-cita dan harapan.

Baca juga: 6 Pekerjaan Paling Dibutuhkan Lima Tahun ke Depan

Admin

Author Since: 27 June 2022

Leave Your Comment

id_ID