Yuk Mengenal Profesi Media Buyer!

Freelancers
Yuk Mengenal Profesi Media Buyer!

Yuk Mengenal Profesi Media Buyer!

Media buyer merupakan profesi yang memiliki peran penting dalam industri pemasaran. Secara singkat, orang dengan profesi satu ini bertugas untuk membeli ruang iklan di berbagai media, seperti televisi, radio, surat kabar, majalah, dan internet.

Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, keberhasilan kampanye iklan sangat bergantung pada kemampuan seorang media buyer untuk memilih media yang tepat dan mengevaluasi kinerja kampanye iklan secara efektif.

Selain itu, para media buyers juga harus memperbarui pengetahuan mereka tentang tren dan teknologi terbaru dalam industri pemasaran untuk dapat mengembangkan strategi pemasaran yang up-to-date dan efisien.

Lalu, apa saja ya tugas dan tanggung jawab profesi menarik satu ini?

Tugas dan Tanggung Jawab Media Buyer

Nah, berikut adalah tugas maupun tanggung jawab para media buyers:

1. Menentukan Target Audiens

Target Audience
Image by storyset on Freepik

Tugas pertama media buyer adalah menentukan target audiens dari kampanye iklan yang sedang berjalan. Mereka harus memahami siapa audiens target dari produk atau layanan yang ada dan menentukan media yang tepat untuk mencapai audiens tersebut. 

Mereka juga harus mempertimbangkan faktor seperti usia, jenis kelamin, minat, perilaku, dan lokasi audiens untuk menentukan media yang paling efektif.

2. Menganalisis Data dan Membuat Strategi Iklan

Tugas para media buyers selanjutnya adalah menganalisis data untuk memahami perilaku konsumen dan mengambil keputusan pembelian media yang tepat. Mereka harus memahami bagaimana konsumen bereaksi terhadap iklan dan memperbaiki strategi pemasaran mereka di masa depan.

Berdasarkan data yang sudah dianalisis inilah mereka dapat membuat rencana kampanye iklan yang efektif untuk mencapai tujuan.

3. Menentukan Anggaran Iklan

Tugas selanjutnya adalah menentukan anggaran iklan dan memilih media yang sesuai dengan anggaran yang tersedia. Mereka harus memastikan bahwa biaya iklan sesuai dengan nilai yang dihasilkan dan memperoleh hasil yang optimal untuk biaya yang dikeluarkan.

4. Mencari dan Menyeleksi Media yang Tepat

Media buyer harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai berbagai media yang tersedia untuk mempromosikan bisnis. Mereka harus menentukan media yang tepat untuk kampanye iklan berdasarkan target audiens dan tujuan kampanye iklan.

Tidak hanya itu, mereka juga harus dapat bernegosiasi dengan stasiun televisi, stasiun radio, surat kabar, majalah, situs web, dan platform media sosial untuk memperoleh harga yang lebih baik sehingga mengoptimalkan anggaran.

5. Menjalin Hubungan dengan Mitra Media

Tidak hanya mencari media mana saja yang tepat untuk beriklan, para media buyers juga bertugas untuk membangun hubungan yang baik dengan mitra media dan bekerja sama dengan mereka untuk memastikan kampanye iklan sukses, loh!

7. Mengevaluasi Kinerja Kampanye Iklan

Terakhir, tugas para media buyers adalah memantau dan mengevaluasi kinerja kampanye iklan. Mereka harus memastikan bahwa kampanye iklan mencapai target audiens dan tujuan yang telah ditetapkan. Jika kampanye iklan tidak mencapai target yang diinginkan, maka mereka harus memperbaiki strategi kampanye iklan.

Baca Juga: Lakukan 8 Hal Ini Agar Fokus Kerja Sepanjang Hari!

Skill Apa Saja yang Harus Dimiliki Media Buyer?

Berdasarkan penjelasan di atas, ada beberapa keterampilan atau skill yang harus dimiliki oleh setiap media buyer. Apa saja ya skill tersebut?

Skill Analisis

Kemampuan pertama adalah dalam hal menganalisis data. Hal ini bertujuan untuk memahami perilaku dan kebutuhan target audiens. Para media buyers harus dapat mengumpulkan data dari berbagai sumber dan memprosesnya untuk menghasilkan informasi yang berguna.

Skill Komunikasi dan Negosiasi

Selanjutnya adalahskill dalam hal komunikasi dan negosiasi yang baik. Skill ini sangat penting agar dapat memperoleh harga yang terbaik untuk bisnis serta membantu dalam menjalin hubungan dengan mitra media.

Kreativitas

Kreativitas merupakan skill yang tidak boleh ketinggalan loh! Para media buyers harus kreatif dalam mencari solusi untuk mempromosikan bisnis dengan cara unik dan menarik bagi target audiens. Mereka juga harus dapat mengembangkan ide kreatif untuk meningkatkan kinerja iklan.

Keterampilan Manajemen Waktu

Skill terakhir media buyer adalah mahir dalam mengatur waktu dan sumber daya. Hal ini bertujuan agar bisa mengelola beberapa proyek iklan sekaligus dengan mengatur prioritas dan memastikan semua proyek selesai sesuai jadwal.

Bagaimana nih sobat Rumah Freelancers, apakah kalian tertarik dengan profesi satu ini?

Hanun Asyifa

Author Since: 4 July 2022

Leave Your Comment

id_ID